Murah dan sering diremehkan, tempe ternyata punya manfaat besar untuk tubuh

manfaat tempe untuk tubuh
Foto: Istimewa

Siapa yang tak kenal dengan tempe? Bahan makanan yang satu ini sangat mudah didapat. Harganya pun cukup murah meriah. Karena itu tempe juga jadi sering diremehkan. Padahal tempe sebenarnya punya banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh.

Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Diperlukan proses fermentasi dari kedelai dan ragi untuk membuat tempe. Proses ini membentuk berbagai macam bakteri baik seperti probiotik yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu probiotik juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan usus yang bagus untuk sistem pencernaan.

Menjaga kesehatan otak

Biasanya vitamin B12 banyak terkandung di dalam daging, ayam, ikan serta susu. Namun tak banyak yang tahu, ternyata tempe juga memiliki kandungan vitamin B12. Kandungan ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah menjaga fungsi otak.

Manfaat tinggi untuk osteoporosis

Kalsium dan vitamin K merupakan kandungan yang bermanfaat dalam pembentukan tulang. Karena itu dengan kandungan kalsium dan vitamin K yang tinggi tersebut, tempe menjadi makanan yang sangat bagus untuk meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang para penderita osteoporosis.

tempe mendoan
Foto: Shutterstock

Baca Juga: Manfaat kacang almond, bagus untuk kesehatan jantung dan otak

Mencegah serangan asma

Kesehatan paru-paru dipengaruhi oleh serat dan asam lemak yang masuk ke dalam aliran darah. Kedua kandungan ini dimiliki oleh tempe yang sudah terbukti kaya serat. Sehingga serat yang memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat peradangan, dapat membantu mencegah terserang asma.

Kadar gula darah lebih terkontrol

Kandungan mangan yang ada pada tempe berfungsi untuk menjaga kadar gula tetap normal. Kandungan ini membantu produksi enzim pencernaan yang bertanggung jawab dalam glukoneogenesis, untuk mempertahankan kadar gula darah tetap normal.

manfaat mengonsumsi tempe
Foto: Pinterest/Widya

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat mengonsumsi ikan kakap merah untuk bayi

Bagus untuk pertumbuhan, ini manfaat mengonsumsi ikan kakap untuk bayi

Olahan rujak di Indonesia, ternyata banyak banget macamnya