Minuman Tradisional Penghalau Masuk Angin

minuman tradisional
Foto: Pinterest

Istilah masuk angin sudah cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia. Biasanya hal tersebut ditandai dengan kondisi tubuh yang meriang, perut kembung serta tubuh terasa demam. Hal ini sebenarnya tanda tubuh karena sistem imun yang mulai menurun.

Untuk mengatasinya tak jarang orang Indonesia melakukan kerokan dengan tujuan mengeluarkan angin yang ada di dalam tubuh tersebut. Padahal cara tersebut tak sepenuhnya benar karena justru dapat membuat pori-pori kulit terbuka. Sebagai gantinya kamu bisa membuat minuman tradisional yang khasiatnya dapat menjadi obat penghalau masuk angin.

Cukup manjur, kamu bisa membuat sendiri minuman tradisional ini dengan bahan yang mudah didapat.

Wedang Jahe

Wedang jahe selalu jadi salah satu minuman favorit yang bisa diminum saat badan terasa kurang fit, masuk angin, batuk atau kedinginan. Wajar saja karena jahe dipercaya dapat memberi efek hangat pada tubuh dan dapat melegakan tenggorokan. Kandungan yang dimiliki jahe dapat bekerja dari dalam dan membuat tubuh terasa lebih baik.

wedang jahe
Foto: Ira Radrigues

Teh Serai Madu

Rebus air hingga mendidih kemudian tambahkan teh. Setelah teh larut dalam air, tambahkan juga serai yang telah digeprek dan madu murni. Dengan cara semudah itu kamu bisa mencicipi nikmatnya teh serai madu yang bisa menghangatkan tubuh. Tambahan serainya dipercaya dapat menyegarkan tubuh.

minuman tradisional teh serai madu
Foto: Istimewa

Baca Juga: Menghasilkan Citarasa Unik, Ini Bahan Tradisional Yang Biasa Jadi Campuran Kopi

Air, Madu Dan Lemon

Dipercaya dapat meningkatkan imunitas, minuman tradisional yang satu ini lebih mudah lagi cara membuatnya. Kamu hanya tinggal menambahkan lemon dan madu pada air panas yang telah disiapkan. Sering kali minuman ini juga dikonsumsi oleh orang yang sedang diet karena khasiat yang dimilikinya.

air madu lemon
Foto: Shutterstocks

Teh Chamomile

Sejak lama bunga chamomile memang sudah sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Demikian juga dengan teh chamomile. Karena itu tak sedikit yang percaya, mengonsumsi dan menghirup aroma chamomile saat tubuh masuk angin dapat membantu mengembalikan kesehatan tubuh. Tubuh pun jadi lebih hangat dan tidur jadi lebih nyenyak.

minuman tradisional teh chamomile
Foto: 500px.com

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

sup ikan dori

Sup Ikan Dori, Sajian Bergizi Dan Nikmat Disantap

menu serba boba

Lagi Hits, Ini Menu Serba Boba Yang Bisa Kamu Cobain