Ciri Khas Lebaran, Hidangan Ini Bikin Momen Lebaran Makin Lengkap

opor ayam
Foto: happyfresh.id

Salah satu yang bikin rindu kampung halaman saat lebaran adalah makanannya. Selain bervariasi, masakan mama biasanya jadi makanan paling favorit yang suka dirindukan di tanah rantau. Bukan cuma satu dua menu, mungkin semua menu ini malah jadi menu lebaran andalan di rumah.

Apalagi menu-menu yang biasanya disajikan saat lebaran itu menu favorit yang sering dirindukan. Tak jarang menu itu juga susah ditemukan di luar hari raya. Dari berbagai menu yang biasa disajikan saat lebaran, apa saja sih menu lebaran yang bikin hari raya jadi terasa makin lengkap?

Makanan Lebaran Ya Opor

opor ayam
Foto: happyfresh.id

Saking identiknya dengan lebaran, rasanya lebaran kurang lengkap kalau tanpa opor. Bahkan ada yang bilang, belum lebaran kalau belum makan opor. Hidangan yang punya citarasa asin, gurih, dan sedikit manis ini biasanya dimasak dengan ayam. Makin terasa lezat jika dinikmati dengan nasi putih.

Ketupat

ketupat
Foto: iStock

Biasanya saat hari raya ketupat disajikan bersama dengan opor. Tapi di beberapa daerah, ketupat menjadi sajian yang dihidangkan pada hari ketujuh lebaran. Karena tak bisa ditinggalkan itu, sehingga ketupat pun menjadi salah satu hidangan ciri khas lebaran. Kalau di tempat kamu sendiri, ketupat biasa dihidangkan saat hari pertama lebaran atau hari ketujuh nih?

Sambal Goreng Ati

sambat goreng ati
Foto: iStock

Penggemar ati pasti suka banget dengan menu sambal goreng ati ini. Biasanya menu ini juga dijadikan pendamping ketupat pada saat hari raya. Dengan rasa pedas, manis dan gurihnya, siap-siap nambah deh kalau makan ketupat didampingi menu sambal goreng ati ini.

Sayur Lodeh

sayur lodeh
Foto: tastemade.com

Dengan menu utama ketupat, sayur lodeh juga bisa jadi pendamping ketupat selain opor. Meski berbahan santan, tapi umumnya sayur lodeh memiliki citarasa yang tak seberat gulai dan opor.

Dari beberapa menu khas lebaran itu, mana yang jadi favoritmu sobs? Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara menata kulkas

Cara Menata Isi Kulkas, Biar Bisa Muat Banyak Saat Mendekati Lebaran

opor kepala ikan kakap

Opor Kepala Ikan Kakap, Menu Seafood Khas Lebaran