Menjelang Idul Adha, Ini Tips Menyimpan Daging Supaya Tahan Lama

cara menghilangkan bau prengus daging kambing
Foto: freepik.com

Hari raya Idul Adha sebentar lagi. Biasanya saat Idul Adha kita mendapat jatah daging kurban. Kalau jumlahnya banyak, tentu kemungkinan daging kurban tak langsung habis dimasak di hari itu juga. Sehingga harus disimpan agar bisa untuk jangka waktu lama. Karena itu perlu beberapa tips menyimpan daging supaya lebih tahan lama.

Tips Menyimpan Daging Di Kulkas Tak Perlu Dicuci Lebih Dulu

Memang ada kemungkinan terdapat bakteri dan kuman dalam daging. Meski daging tersebut kondisinya fresh. Karena itu banyak yang biasanya mencuci daging menggunakan air kran sebelum menyimpannya.

Namun ternyata mencuci daging dengan air kran dapat membuat bakteri yang terkandung di dalam air kran mengendap pada daging. Kondisi daging yang basah ini pun menjadi tempat yang cocok untuk perkembang biakan bakteri. Jika dikeringkan lebih dahulu sebelum disimpan di dalam kulkas, ada kemungkinan bakteri dari udara pun akan mengendap pada daging tersebut. Karena itu sebaiknya daging dicuci saat akan dimasak, bukan saat akan disimpan di dalam kulkas.

Simpan Dalam Wadah Tertutup

Sebelum dimasukkan ke dalam kulkas, daging harus disimpan dalam wadah tertutup. Hal ini untuk mencegah bakteri mencemari daging dan membuat daging lebih cepat rusak. Kamu bisa menggunakan kotak makanan atau box tertutup agar lebih aman.

Jangan Gunakan Plastik Kresek Hitam Untuk Menyimpan Daging

Cara paling mudah untuk menyimpan daging kurban dalam wadah tertutup adalah dengan menggunakan plastik kresek. Pasalnya plastik kresek memang mudah didapat di sekeliling kita dan bentuknya tak memakan tempat. Kamu boleh-boleh saja menggunakan plastik kresek untuk menyimpan daging. Dengan catatan hindari menggunakan plastik kresek hitam ya.

tips menyimpan daging
Foto: photo.thepicturepantry.com

Baca Juga: Cara Menyimpan Ikan Agar Tahan Lama Awetnya

Jangan Langsung Simpan Ke Dalam Freezer

Kamu terbiasa menyimpan daging langsung ke dalam freezer? Kalau sebelumnya kamu terbiasa melakukan hal itu, mulai sekarang sebaiknya kamu tak lagi melakukan hal itu ya. Sebelum disimpan di dalam freeezer, simpan lebih dahulu daging tersebut di dalam kulkas selama sekitar 4-5 jam. Setelah dingin, kamu baru bisa memindahkannya ke dalam freezer.

cara menyimpan daging
Foto: Pinterest

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

hemat belanja bulanan

Awal Bulan Tetap Harus Hemat Belanja Bulanan Dong, Ini Nih Tipsnya

gulai kambing

Menu Daging, Ide Sajian Untuk Makan Bersama Saat Idul Adha