Supaya Bebas Bakteri, Kebersihan Dapur Harusnya Dijaga Seperti Ini

menjaga kebersihan dapur
Foto: youtube/Studio McGee

Membersihkan serta menjaga kebersihan dapur bukan hanya jadi kewajiban yang harus dilakukan oleh satu orang, melainkan seluruh anggota yang ada di dalam rumah. Pasalnya nih, jika seluruh anggota tidak ikut mengambil peran dalam menjaga kebersihan dapur, dapur akan jadi cepat kotor dan penuh bakteri.

Padahal makanan yang bersih dan sehat harus berasal dari dapur yang juga bersih. Karenanya seluruh area dapur harus dijaga kebersihannya dengan baik. Supaya lebih mudah dalam mempertahankan kebersihan dapur, ini beberapa tips yang bisa diterapkan.

Menjaga Kebersihan Dapur Dari Penggunaan Talenannya

Umumnya dalam satu dapur, satu talenana digunakan untuk mengiris berbagai bahan makanan. Mulai dari daging, ikan, sayur, buah hingga bumbu-bumbu masak. Padahal makanan mentah rawan terkontaminasi bakteri. Jadi ada baiknya untuk mencegah penyebaran bakteri secara luas, gunakan talenan yang terpisah dan berbeda-beda untuk setiap jenis makanan.

talenan
Foto: Pinterest

Jangan Tunggu Rusak, Ganti Spons Cuci Piring Secara Rutin

Salah satu yang sering disepelekan adalah waktu penggantian spons cuci piring. Biasanya spons cuci piring baru akan diganti setelah benar-benar rusak dan mulai tak bisa digunakan lagi. Padahal spons cuci piring mudah terkena berbagai noda makanan dan bisa menjadi sarang pertumbuhan bakteri. Apalagi kalau spons tersebut dibiarkan tetap basah setelah digunakan dan tidak dikeringkan.

spons cuci piring untuk menjaga kebersihan dapur
Foto: carousell.com

Baca Juga: Tanda Peralatan Dapur Sudah Harus Diganti, Sebelum Makin Parah

Cuci Tangan Untuk Mengurangi Penyebaran Bakteri

Setiap kali selesai mengolah makanan atau akan meninggalkan dapur, usahakan untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan. Karena tangan yang kotor memiliki peranan penyebaran bakteri yang cukup besar. Apalagi secara tak sadar tangan sering kali memegang sesuatu dan membuat dapur jadi mudah kotor.

mencuci tangan termasuk menjaga kebersihan dapur
Foto: abc7ny.com

Wastafel Dan Kulkas Wajib Dibersihkan

Kulkas dan wastafel cuci piring menjadi area penyebaran bakteri yang cukup cepat. Karena tempat yang lembab menjadi tempat yang disenangi bakteri untuk berkembang biak. Karena itu pastikan selalu membersihkan wastafel setelah selesai digunakana. Jangan lupa juga untuk menjadwalkan membersihkan kulkas secara rutin.

bersihkan wastafel
Foto: fhosu.com

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ayam bumbu kecap pedas ala kitchen of indonesia

Ayam bumbu kecap pedas nampol ala Kitchen of Indonesia

Tren makanan yang kemungkinan banyak diburu pada masa new normal