Menjaga Kebersihan Dapur Agar Tetap Bersih Dan Tak Banyak Bakteri

menjaga-kebersihan-dapur

Menjaga kebersihan dapur agar tetap bersih itu penting. Mengingat dapur memegang peranan yang begitu penting di dalam rumah. Karena di sanalah aktivitas memasak untuk makan seluruh anggota keluarga dilakukan. Jadi sudah barang tentu kalau kebersihan dapur dengan segala alat masak dan bahan makanannya harus dijaga dengan baik.

Segera Cuci Semua Peralatan Masak Tiap Usai Digunakan

Setelah memasak atau menggunakan peralatan makan dan peralatan dapur, sebaiknya segera cuci peralatan-peralatan tersebut. Tak perlu menunda hingga menumpuk. Karena semakin lama noda kotoran dibiarkan, maka akan semakin menempel dan semakin sulit untuk dibersihkan. Bakteri pun akan semakin berkembang pada peralatan masak yang kotor.

Pastikan Sirkulasi Udara Lancar

Udara di dalam dapur harus dijaga kelancaran dan kualitasnya. Jika dapur tak memiliki jendela, dapur dapat diberi cooker hood untuk dapat membantu menyerap asap dan aroma makanan yang ada di dapur.

Perhatikan Kebersihan Area Kompor Usai Memasak

Usai memasak kerap kali cipratan masakan mengenai kompor dan meninggalkan noda. Jika tak segera dibersihkan noda tersebut akan semakin mengerak dan susah dibersihkan. Karenanya setiap kali usai memasak, perhatikan area tungku kompor apabila ada makanan yang jatuh dan masuk ke dalamnya. Selain itu, area dinding dekat kompor juga harus dibersihkan.

Pisahkan Sampah Basah Dan Sampah Kering

Sampah basah dapat menimbulkan bau tak sedap pada dapur. Bakteri pun lebih cepat berkembang biak di tempat sampah basah. Karenanya ada baiknya sampah basah dan sampah kering dibuang dalam tempat terpisah. Pilih tempat sampah yang memiliki penutup untuk menghindari bau tak sedap yang menyebar ke seluruh area dapur.

Buang Sampah Tanpa Harus Menunggu Penuh

Tak perlu menunggu tempat sampah menjadi penuh untuk membuangnya. Karena akan lebih baik jika segera dibuang setiap harinya agar dapur lebih bersih dan sehat. Dengan begitu Sobat KOI dapat menjaga kebersihan dapur setiap harinya dengan mudah.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

memarut keju

Trik Rahasia Agar Memasak Lebih Mudah Seperti Profesional

hidangan buka puasa

Hidangan Keluarga Yang Wajib Ada Saat Bulan Puasa