Menghilangkan Bau Apak Yang Mulai Muncul Di Lemari Dapur

menghilangkan bau apak pada kitchen set
Foto: Pinterest

Lemari dapur atau kitchen set biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan juga bumbu dapur. Seiring berjalannya waktu, penyimpanan ini akan meninggalkan bau tak sedap pada lemari dapur. Apalagi kalau pernah secara tak sengaja menyimpan peralatan yang masih sedikit basah ke dalam lemari, yang otomatis kondisi lembab tersebut lama-kelamaan akan menimbulkan bau apak pada lemari.

Jika hal tersebut terlanjur terjadi, mau bau tak sedap tersebut harus segera dihilangkan agar tak membuat peralatan yang disimpan di dalamnya ikut tertular bau. Tapi bagaimana cara menghilangkan bau apak pada lemari dapur?

Mulai Bersihkan Lemari Dengan Cara Mengeluarkan Semua Barang Di Dalamnya

Akan lebih mudah kalau seluruh barang yang ada di dalam lemari dikeluarkan terlebih dulu sebelum kemudian dibersihkan secara menyeluruh. Bukan hanya bagian dasar dari dalam lemari, tapi juga sisi-sisi samping dan bagian atasnya.

Setelah dibersihkan, jangan buru-buru menutup pintu lemari apalagi jika kondisi lemari masih lembab. Biarkan pintu lemari dapur terbuka lebar terlebih dahulu agar bau tak sedap di dalamnya hilang.

Gunakan Bahan Yang Ada Di Dapur Untuk Menghilangkan Baunya

Menghilangkan bau tak sedap pada lemari dapur juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan yang ada di dapur. Misalnya dengan menyemprotkan larutan baking soda atau sabun cuci piring ke dalam lemari. Pasalnya kedua bahan ini relatif lebih aman jika bekasnya menempel pada peralatan makan. Tapi jangan lupa setelah menyemprotkan larutan, lap area dalam lemari menggunakan kain basah hingga benar-benar bersih. Proses ini bisa dilakukan beberapa kali hingga baunya benar-benar hilang.

menghilangkan bau apak pada lemari dapur
Foto: lavorist.com

Bahan Alami Seperti Bubuk Kopi Dan Cuka Juga Bisa Digunakan

Bubuk kopi selama ini dipercaya dapat menyerap bau tak sedap yang ada di sekitarnya. Karena itu bubuk kopi juga bisa dimanfaatkan untuk menyerap bau tak sedap pada lemari dapur. Letakkan semangkuk kopi bubuk selama semalaman di sudut-sudut lemari dapur. Atau bisa juga menggunakan cuka sebagai pengganti kopi bubuk.

cara menghilangkan bau pada lemari
Foto: lavorist.com

Baca Juga: Bahan Makanan Ini Juga Bisa Digunakan Untuk Membersihkan Dapur Lho

Cuci Ulang Semua Peralatan Dapur

Karena lemari dapur sudah dibersihkan, jadi usahakan agar peralatan dapur atau seluruh barang yang akan dimasukkan dan disimpan di dalamnya juga dalam keadaan bersih. Jadi tak ada salahnya untuk mencuci ulang barang-barang tersebut kemudian mengeringkannya sebelum dimasukkan kembali ke dalam lemari dapur. Jangan lupa setelah itu tata dengan rapi agar lebih mudah saat akan mengambilnya kembali.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

tahu gimbal khas semarang

Sudah Pernah Cobain Tahu Gimbal Khas Semarang Yang Bikin Goyang Lidah?

menghilangkan bau amis ikan

Bau Amis Ikan Tak Lagi Mengganggu, Hilangkan Dengan Bahan Ini