Memaksimalkan penggunaan aluminium foil untuk berbagai kebutuhan dapur

manfaat aluminium foil
Foto: foodnetwork.com

Aluminium foil sering kali digunakan sebagai alat untuk memasak beberapa jenis makanan. Misalnya memasak baked potato. Tapi ternyata aluminium foil juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dapur. Apa saja?

Sebagai cetakan

Ada kalanya kita ingin membuat kue atau makanan dengan bentuk atau pola tertentu tapi terkendala karena tak memiliki cetakan tersebut. Nah jika punya aluminium foil di rumah, kita bisa kok memanfaatkan aluminium foil tersebut untuk dijadikan cetakan. Tinggal gunting dan bentuk aluminium foil tersebut sesuai dengan keinginan. Untuk ketebalannya pun tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

Pembungkus makanan saat dimasak

Salah satu tujuan menggunakan aluminium foil sebagai pembungkus makanan saat proses masak adalah untuk membantu mematangkan makanan agar lebih merata. Selain itu aluminium foil juga dapat membantu melindungi makanan dari sumber api saat makanan diolah dengan cara dibakar atau dipanggang.

kegunaan aluminium foil
Foto: Shutterstock/stockcreations

Membantu menjaga makanan agar lebih awet

Biasanya untuk menyimpan makanan agar lebih awet adalah dengan meletakkannya di wadah tertutup dan kedap udara. Nah selain wadah tersebut, aluminium foil juga dapat dimanfaatkan untuk menyimpan makanan agar lebih awet. Misalnya untuk menyimpan makanan seperti sandwich, steak juga pizza. Setelah dibungkus rapat dengan aluminium foil, makanan bisa diletakkan di dalam kulkas.

Baca juga: Fungsi ketumbar dalam masakan serta manfaatnya untuk kesehatan

Menggantikan kawat besi untuk mencuci panci dan wajan

Untuk membersihkan noda yang ada di bagian belakang panci dan wajan, kita kerap kali menggunakan kawat besi khusus cuci piring. Namun jika tak ada kawat besi, tak perlu panik. Karena aluminium foil yang diremas-remas, bisa juga kok dimanfaatkan untuk membersihkan noda pada panci dan wajan. Lebih praktis bukan?

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

menanam cabai di pot dapur rumah

Mudah dan tak makan tempat, tanam sendiri bahan untuk keperluan dapur ini

cara membuat sup yang enak

Agar sayur sup lebih sempurna, jangan sampai salah melakukan langkah ini