Masakan Khas Sunda Yang Dari Dulu Hingga Sekarang Punya Banyak Penggemar

karedok
Foto: flickr.com

Bicara tentang Indonesia yang punya banyak sekali suku, tentu salah satunya tak boleh lepas dari suku Sunda. Pasalnya ada banyak sekali makanan khas Sunda yang cukup populer dan digemari oleh banyak orang, bukan cuma orang Sunda. Dari berbagai masakan khas Sunda yang beragam itu, setidaknya ini loh beberapa varian menu yang dari dulu hingga sekarang punya banyak penggemar.

Pepes Ikan

Makanan yang satu ini memang mudah dijumpai dan punya banyak penggemar di mana-mana. Bukan cuma di daratan Sunda. Tapi di Sunda, pepes yang juga disebut dengan Pais ini memiliki banyak jenis. Tak hanya ikan, juga ada pepes tahu, pepes daging sapi, pepes ayam, pepes jamur, pepes telur asin dan lainnya.

pepes ikan
Foto: tastemade.com

Makanan yang biasanya menggunakan daun pisang sebagai pembungkus ini dapat dikukus atau dibakar. Akan lebih nikmat jika disantap bersama nasi putih yang masih hangat dan sayur asam.

Asinan

masakan khas sunda asinan bogor
Foto: openrice.com/anto.w.rain

Hidangan yang satu ini dari lama sudah digemari oleh banyak orang dari berbagai usia dan kalangan. Dengan campuran rasa asin dari kuah, manis-asinnya buah yang sudah melalui proses pengasinan serta tambahan cabe untuk membuat sensasi pedas, membuat makanan ini semakin nikmat.

Empal Gentong

masakan khas sunda empal gentong
Foto: sajiansedap.grid.id

Indonesia punya banyak makanan kuah yang bersantan. Salah satunya termasuk empal gentong khas Cirebon ini. Biasanya isian yang digunakan adalah usus, babat serta daging sapi. Disebut empal gentong karena cara memasaknya yang menggunakan gentong yang dibakar.

Karedok

karedok
Foto: flickr.com

Mirip dengan pecel, karedok termasuk makanan khas Sunda ini juga punya banyak peminat. Berbeda dengan pecel yang sayurannya dimasak terlebih dahulu, karedok disajikan dengan sayuran yang masih mentah. Dengan saus kacang, biasanya karedok dihidangkan dengan emping atau kerupuk.

Soto Bandung

masakan khas sunda soto bandung
Foto: sajiansedap.grid.id

Soto termasuk salah satu makanan khas Indonesia yang sudah terkenal dan banyak disukai. Bukan cuma Lamongan, Bandung juga punya soto khas yang tak kalah lezat loh. Berbeda dengan soto lamongan yang menggunakan ayam, soto bandung menggunakan daging sapi sebagai isiannya. Tertarik mencoba?

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

makanan yang sebaiknya dihindari

Makanan Dan Minuman Ini Sebaiknya Kamu Hindari Saat Bulan Puasa

kolak ubi

Manisnya Kolak Ubi Jalar Ala Kitchen Of Indonesia Untuk Buka Puasa