Ini Manfaatnya Kalau Rutin Konsumsi Chickpea Si Kacang Arab

kacang chickpea
Foto: thespruceeats.com

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan kacang yang satu ini. Dikenal dengan nama kacang Arab, chickpea atau kacang garbanzo ini memang sering ditemukan di Indonesia sebagai salah satu oleh-oleh wajib dari orang yang pulang dari tanah suci.

Rasanya yang unik, gurih asin dan cenderung empuk saat dimakan, membuat kacang ini mudah diingat dan digemari. Bisa jadi kamu termasuk orang yang menggemarinya. Tapi selain enak dikonsumsi, tahukah kamu kalau kacang Arab ini punya banyak manfaat yang baik untuk tubuh? Karena ternyata meski bentuknya kecil, kacang ini memiliki kandungan baik yang cukup melimpah seperti vitamin K, folat, fosfor, mangan, kolin, selenium, zat besi, vitamin B-6, dan magnesium yang sangat berlimpah.

Atau bisa dibilang 1 cup kacang garbanzo matang memiliki kandungan:

  • 45 gr karbohidrat
  • 269 kalori
  • 13 gram serat makanan
  • 15 gram protein
  • 4 gram lemak
  • 0 gram kolesterol
kacang arab
Foto: thespruceeats.com

Mengonsumsi Chickpea Secara Rutin Dapat Melancarkan Pencernaan

Karena memiliki kandungan serat yang tinggi, kacang Arab dapat membantu mencegah sembelit. Selain itu kacang Arab juga dapat membantu melancarkan sistem saluran pencernaan. Kandungan serat tinggi dalam kacang ini pun dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, sehingga sangat bagus untuk membantu program diet. Selain bisa dimakan sendiri, kamu juga bisa menjadikan kacang garbanzo ini untuk campuran salad, sup atau menu makanan lainnya.

Menstabilkan Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

Chickpea memiliki kandungan serat larut dan tidak larut di dalamnya. Kandungan serat larut yang ada dapat membantu menjaga gula darah dalam tubuh agar selalu stabil. Itu sebabnya kacang ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Tapi meski begitu hindari mengonsumsinya secara berlebihan ya, sobs.

Baik Untuk Kesehatan Jantung Juga Kolesterol

Kandungan vitamin C, vitamin B-6, potasium dan serat yang tinggi pada kacang arab bermanfaat untuk kesehatan jantung lho. Kandungan serat tinggi ini pun dapat membantu menurunkan jumlah kolesterol dalam darah yang nantinya juga bermanfaat untuk mengurangi resiko kemungkinan sakit jantung.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Tips Menghilangkan Bau Bekas Sambal

Tips Menghilangkan Bau Bekas Sambal Dari Tangan Sehabis Makan

kue funnel mirip kue perut ayam

Kue Perut Ayam Ternyata Mirip Sama Kue Dari Amerika Ini Lho