Kerap ada ajakan konsumsi ikan, sebenarnya apa sih manfaat makan ikan?

manfaat makan ikan
Foto: freepik

Ikan sering kali digembor-gemborkan punya banyak manfaat yang bagus untuk tubuh. Hal ini karena ikan diyakini punya banyak kandungan nutrisi baik. Baik itu protein, vitamin atau berbagai kandungan lainnya. Tapi jika dikonsumsi secara rutin dan tepat, apa saja sih sebenarnya manfaat makan ikan?

Meningkatkan kinerja otak dan daya ingat

Ada beberapa jenis ikan yang memiliki kandungan omega-3 tinggi. Kandungan ini dipercaya merupakan nutrisi yang baik untuk otak. Karena itu jenis ikan dengan kandungan omega-3 yang tinggi kerap disarankan untuk dikonsumsi oleh anak dalam masa pertumbuhan.

Kandungan tersebut juga berperan dalam mencegah degenerasi sel otak yang menyebabkan Alzheimer yang biasanya mungkin menyerang orang-orang dengan usia di atas 60 tahun.

Bagus untuk kesehatan mata

Ikan memiliki kandungan yang dapat membantu menurunkan risiko terganggunya kesehatan mata karena glaukoma, sindrom mata kering serta degenerasi macula. Dengan mengonsumsi ikan secara rutin 2 porsi seminggu, risiko gangguan kesehatan mata dapat lebih diminimalisir.

Mencegah depresi

Selain memiliki kandungan omega 3, umumnya ikan juga mengandung asam amino. Kandungan-kandungan ini memiliki peran dalam membantu tubuh menjadi lebih tenang dan rileks. Sehingga dapat mencegah depresi dan stres berat.

manfaat mengonsumsi ikan
Foto: freepik/mrsiraphol

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Sisik Ikan, Agar Proses Masak Lebih Cepat

Menjaga kesehatan tulang

Kandungan vitamin D dalam ikan, merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk kesehatan tulang. Di mana kandungan ini juga bagus untuk meningkatkan fungsi otak. Karena itu ikan disarankan untuk dikonsumsi secara rutin.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Asam lemak serta omega 3 yang terdapat dalam kandungan ikan, memiliki khasiat dalam membantu menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah serta mengurangi pembekuan darah.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

tips membuat bento

Mau Bikin Bento Yang Lucu Buat Anak? Begini Caranya

ilustrasi | Resep Ikan bakar

Ikan bawal bakar bumbu Padang, kelezatannya bikin ingin nambah lagi dan lagi