Bukan cuma bagus untuk kulit, lidah buaya juga punya banyak manfaat lain

manfaat lidah buaya
Foto: Shutterstock

Sudah sejak lama lidah buaya diyakini memiliki manfaat yang bagus untuk kulit dan rambut. Tapi sudah tahu belum kalau ternyata lidah buaya juga bisa dijadikan sajian lezat dan punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh?

Untuk mengatasi sembelit

Lidah buaya dapat diolah menjadi jus yang lezat. Jus tersebut dapat berkhasiat untuk membantu memperlancar sistem pencernaan yang sedang terganggu. Sehingga masalah pencernaan seperti sembelit dapat diatasi dengan baik.

Memperkuat kekebalan tubuh

Lidah buaya memiliki kandungan enzim yang dapat memecah protein yang masuk ke dalam tubuh menjadi asam amino. Kandungan ini membantu sel di dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Sehingga dapat juga merangsang dan memperkuat kekebalan tubuh.

Menyembuhkan sariawan

Sariawan memang sangat mengganggu. Nah supaya lebih cepat sembuh, lidah buaya bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan dengan cara mengoleskan getah atau daging lidah buaya yang telah dibersihkan pada area yang sedang sariawan. Selain itu lidah buaya juga dapat membantu meredakan nyeri dan dapat membantu mencegah radang.

manfaat mengonsumsi lidah buaya
Foto: howtotreatheartburn.com

Baca juga: Identik dengan halloween, ini 5 manfaat labu kuning bagi kesehatan

Menurunkan gula darah dalam tubuh

Lidah buaya memiliki kandungan yang dapat membantu meredakan hiperglikemia kronis dan propil lipid yang terganggu. Yang mana kondisi ini seringkali terjadi pada penderita diabetes. Dengan mengonsumsi lidah buaya secara rutin dalam jumlah yang tepat, lidah biaya dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah dan trigliserida serum.

Membersihkan plak gigi

Bukan hanya dapat menyembuhkan sariawan, lidah buaya juga dapat digunakan untuk membersihkan plak pada gigi. Caranya dengan menggosok-gosokkan lidah buaya pada gigi dan gusi kemudian mendiamkannya selama kurang lebih 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, cara ini bisa dilakukan 2x dalam sehari.

lidah buaya
Foto: Istimewa

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

kacang almong untuk cemilan vegan

Ide cemilan enak dan tinggi protein supaya vegetarian tetap bisa ngemil

jus mangga jelly ala kitchen of indonesia

Jus mangga jelly ice cream ala Kitchen of Indonesia, segar dan lezat