Manfaat kacang tanah, camilan sejuta umat yang selalu sukses cairkan suasana

manfaat mengonsumsi kacang tanah
Foto: freepik

Acara ngumpul-ngumpul rasanya kurang asik dan lengkap tanpa camilan. Karena itu biasanya selalu ada camilan di tengah-tengah kebersamaan. Kacang, termasuk salah satu camilan andalan yang nyaris tak pernah terlupakan. Makanan yang satu ini juga tak jarang jadi camilan andalan saat acara nonton bareng di rumah.

Apalagi bukan hanya banyak dijual dalam keadaan mentah, kacang tanah juga kerap dijajakan dalam keadaan matang. Dengan harga yang murah, camilan manusia sejuta umat ini ternyata punya banyak kandungan dan manfaat yang baik untuk kesehatan. Apa saja?

Membantu meringankan depresi

Depresi salah satunya dipengaruhi oleh produksi serotonin dalam tubuh. Dengan kandungan triptofan asam amino yang ada di dalam kacang tanah, akan membantu pembentukan serotonin di dalam tubuh. Sehingga melalui pembentukan serotonin tersebut dapat mempengaruhi juga pada suasana hati yang positif.

Baik untuk diabetes

Kacang tanah merupakan makanan yang memiliki kandungan senyawa mangan yang berfungsi untuk menyerap kelebihan kalsium atau glukosa. Sehingga dengan mengonsumsi kacang tanah rebus secara rutin dalam jumlah yang tepat, kadar gula darah di dalam tubuh pun dapat dikontrol dan dapat menurunkan pula risiko penyakit diabetes.

Mencegah risiko terserang kanker

Kandungan kacang tanah yang dikonsumsi dapat membantu mencegah risiko akan serangan kanker. Mengingat makanan ini mengandung asam p-coumaric yang dapat membunuh sel kanker dan mencegah risiko kanker.

manfaat kacang tanah
Foto: freepik/koyjira

Baca juga: Wah, ternyata jagung juga punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan

Bagus untuk pertumbuhan rambut

Asam lemak omega 3 juga merupakan kandungan penting yang dimiliki oleh kacang tanah. Bersama kandungan vitamin E yang juga terdapat di dalam kacang tanah, keduanya dapat memberi efek yang bagus pada kesehatan dan pertumbuhan rambut. Sehingga sirkulasi darah di area kulit kepala juga dapat berjalan lebih baik.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat jagung untuk kesehatan tubuh

Wah, ternyata jagung juga punya banyak sekali manfaat bagi kesehatan

trik agar anak suka makan makanan di rumah

Trik menyiapkan jajanan di rumah, agar anak tak tergoda beli jajanan di luar