Manfaat kacang almond, bagus untuk kesehatan jantung dan otak

kandungan kacang almond
Foto: freepik.com

Segenggam almond memiliki banyak kandungan yang bagus untuk tubuh. Almond pun bukan hanya sering dimakan secara langsung sebagai cemilan, tapi juga kerap dijadikan toping pendamping makanan. Dengan segitu banyak kandungan baik yang dimiliki, apa saja sih manfaat kacang almond untuk kesehatan tubuh?

Menjaga kesehatan jantung

Kacang almond kaya akan kandungan magnesium, kalsium serta berbagai zat baik yang dapat membantu tubuh menangkal kolesterol jahat pada dinding arteri serta mencegah terkena serangan jantung koroner. Karena itu jika almond dikonsumsi secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Baik untuk kesehatan otak

Di dalam kacang almond terdapat dua kandungan yang bagus untuk nutrisi otak, yaitu L-karnitin dan riboflavin. Kandungan ini dapat membantu meningkatkan aktivitas otak serta menurunkan risiko terserang Alzheimer atau penyakit kognitif.

Dapat berperan sebagai antioksidan dalam tubuh

Almond memiliki kandungan senyawa flavonoid yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Kandungan senyawa ini memiliki kemampuan dalam melawan radikal bebas dan menekan peningkatan stres oksidatif pada orang yang mengalami gangguan perkembangan seperti autism.

manfaat kacang almond
Foto: freepik.com

Baca Juga: Kalau Tahu Manfaat Kacang Merah, Kamu Pasti Jadi Rajin Konsumsi Deh

Mengontrol gula darah

Almond memiliki karbohidrat rendah, namun tinggi akan kandungan lemak, protein serta serat. Karena itu almond juga bermanfaat dalam membantu penderita diabetes untuk mengontrol gula darah agar tetap stabil. Selain itu kandungan magnesium yang ada di dalam almond juga bermanfaat untuk mengontrol gula darah dalam tubuh.

Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Berbagai macam vitamin seperti vitamin E, vitamin B1, B2 serta B3 juga ada dalam tiap butir kacang almond. Selain itu kandungan mineral dan protein yang dibutuhkan tubuh juga bisa didapat dari kacang almond. Semua kandungan baik ini berguna untuk sistem imunitas tubuh. Karenanya dengan mengonsumsi kacang almond secara rutin setiap hari, kekebalan tubuh pun dapat ditingkatkan.

almond makanan sehat
Foto: organicfacts.net

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

beda es cendol dengan es dawet

Beda es cendol dan es dawet, si penyegar dahaga yang tampak mirip

makanan berbahan dasar petis

Deretan makanan Jawa Timur yang berbahan dasar petis