Manfaat Jamu, Obat Herbal yang Kamu Harus Rasakan Khasiatnya

jahe
Foto: helloglow.co

Indonesia kaya akan rempah dan tanaman herbal yang punya banyak khasiatnya. Sejak turun temurun, jamu menjadi obat melawan penyakit maupun meningkatkan stamina. Berikut beberapa khasiat bahan jamu herbal yang perlu kamu coba untuk melindungi diri dari penyakit.

1. Jahe
Jahe mengandung phenolic yang berkhasiat meredakan mual, masalah pencernaan, meredakan iritasi pada lambung dan mengurangi rasa sakit dan nyeri otot. Selain itu, riset University of Minnesota menemukan bahwa kandungan gingerol di jahe mencegah pertumbuhan sel tumor pada usus besar.

jamu tradisional
Foto: helloglow.co

2. Kunyit
Memiliki warna yang pekat dan bau yang khas, kunyit kaya akan zat antioksidan yang mampu meredakan maag, tukak lambung, masalah kulit hingga kanker. Khasiat lain kunyit dapat meredakan sakit nyeri ketika haid.

kunyit asam
Foto: doktersehat.com

3. Temulawak
Kandungan xantorrhizol pada temulawak merupakan agen antioksidan, antibakteri, antiradang, yang mencegah pertumbuhan sel kanker dan memperlancar jaringan sel darah. Selain itu temulawak mengatasi kandung empedu, hati dan gangguan pencernaan.

Cara membuat jamu dengan jahe, temulawak dan kunyit adalah dengan cukup mengupas kulitnya, kemudian geprek dan rebus dengan air secukupnya hingga air berubah warna cukup tua. Minum jamu sekali dalam sehari di pagi hari, untuk menjaga stamina tubuh. Tambahakn gula aren, madu atau gula pasir sebagai penambah rasa.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ikan yang mengandung formalin

Harus Kamu Tahu, Ini Ciri-Ciri Ikan Yang Mengandung Formalin

bubur udang untuk anak sakit

Resep Bubur Bagi Anak Sakit di Rumah