Manfaat Ikan Tongkol Yang Baik Untuk Tubuh, Tapi Tak Boleh Kebanyakan Ya!

kandungan ikan tongkol
Foto: Istimewa

Ikan tongkol termasuk salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi orang Indonesia. Ikan ini juga kerap disebut sebagai ikan tuna kecil. Merupakan sumber yang kaya protein dan asam lemak yang baik untuk tubuh, apa saja sih sebenarnya manfaat ikan tongkol untuk tubuh?

Manfaat Ikan Tongkol Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Ikan tongkol memiliki kandungan protein yang tinggi namun rendah kalori. Kandungan protein yang tinggi ini dapat membantu menurunkan kadar ghrelin yang dapat merangsang rasa lapar dan membangkitkan keinginan untuk makan makanan berkarbohidrat.

Dengan menurunnya kadar ghrelin tersebut, nafsu makan pun berkurang dan dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Karena itu ikan tongkol dapat membantu menurunkan berat badan.

Untuk Kesehatan Mata Juga Baik

Ikan dianggap sebagai sumber omega-3 terbaik. Termasuk juga ikan tongkol yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 cukup tinggi. Kandungan ini dapat membantu mencegah penyakit retina seperti kebutaan, menjadi berkembang.

manfaat ikan tongkol
Foto: travelling-foodies.com

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Asam lemak omega-3 yang ada di dalam tongkol juga memiliki sifat anti-inflamasi. Yang mana kandungan ini dapat membantu mengurangi tekanan darah. Selain itu kalium yang ada di dalam tongkol juga sangat baik dalam menurunkan tekanan darah. Sehingga dengan tekanan darah yang terjaga, resiko terserang penyakit jantung pun dapat dicegah.

Ikan Tongkol Pun Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mangan, zat besi, vitamin C serta selenium yang ada di dalam ikan tongkol memiliki manfaat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan antioksidan yang baik, tubuh pun terlindung dari berbagai macam penyakit termasuk kanker.

ikan tongkol
Foto: sitidelima.net

Baca Juga: Kaya Gizi, Ini Manfaat Ikan Tuna Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Melindungi Saluran Pencernaan

Kandungan omega-3 memang sangat baik dan bermanfaat untuk tubuh. Karena itu lagi-lagi, kandungan ini juga dapat membantu menjaga saluran pencernaan tubuh. Sehingga resiko terkena kanker pada organ pencernaan pun dapat dicegah.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

gulai kambing

Menu Daging, Ide Sajian Untuk Makan Bersama Saat Idul Adha

jahe susu edamame

Jahe Susu Edamame, Minuman Yang Menyegarkan Dan Sehat