Sering Dianggap Jorok, Ternyata Ikan Lele Punya Banyak Manfaat Untuk Tubuh

manfaat ikan lele
Foto: 500px.com

Ikan lele termasuk salah satu jenis ikan yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Karenanya tak sedikit yang budidaya ikan lele untuk tujuan komersial. Mungkin kamu pun termasuk salah satu yang menyukai ikan lele. Tapi tahukah kamu apa saja manfaat ikan lele?

Manfaat Ikan Lele Itu Mencukupi Kebutuhan Sumber Protein

Kandungan protein lengkap yang dimiliki lele dapat memenuhi kebutuhan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan protein yang dimiliki lele juga dapat membantu meningkatkan efektivitas kekebalan tubuh. Bahkan kadar protein yang ada dalam lele disebut-sebut lebih tinggi dibanding susu dan daging.

Lele Juga Rendah Lemak Dan Kalori

Rendah lemak dan kalori. Jika dihitung, 100 gram ikan lele hanya mengandung sekitar 122 kalori dan 6,1 gram lemak. Lemak yang ada di dalam ikan lele adalah lemak sederhana. Karena rendah lemak ini maka secara tidak langsung, kolesterol pun akan terdorong.

Memiliki Kandungan Fosfor Yang Baik Bagi Ibu Hamil

Ikan lele memiliki banyak kandungan mineral yang baik untuk tubuh. Salah satunya kandungan fosfor. Kandungan ini dapat membantu pembentukan tulang, gigi dan gusi. Kandungan fosfor tersebut juga dapat membantu mensintesia DNA yang baik bagi ibu hamil.

Rendah Merkuri

Hampir semua ikan memiliki kandungan merkuri. Namun dikutip dari hellosehat, Environmental Protection Agency mencantumkan lele sebagai ikan yang kandungan merkurinya cukup rendah. Meski begitu, ada baiknya kamu tidak berlebihan dalam mengonsumsi lele untuk menghindari resiko terkena paparan merkuri. Bagi ibu hamil, kandungan ini juga dapat membahayakan janin.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Dan Saraf

Di antara ikan air tawar lainnya, lele merupakan satu-satunya ikan yang memiliki kandungan vitamin D. Kandungan vitamin D yang tinggi dalam ikan lele ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang serta sistem kekebalan tubuh, otak dan saraf.

Membantu Proses Perkembangan Otak

Ikan lele memiliki kandungan omega 3 yang berfungsi dalam proses pembentukan sel-sel dalam otak, perkembangan otak dan janin bagi ibu hamil.Selain itu ikan lele juga mengandung asam amino, omega 3 serta omega 6. Kandungan omega 6 ini pun dapat membantu menekan darah pada kolesterol serta meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan tekanan darah.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote
menu diet

Menu Diet Sehat Yang Enak, Nggak Berasa Kalau Lagi Diet Sih

lele goreng sambal bawang

Lele Goreng Sambal Bawang, Pedasnya Menggugah Selera