Ampas kopi memang ada manfaatnya? Coba cari tahu yuk!

manfaat ampas kopi
Foto: medicalnewstoday.com

Ternyata bukan hanya teh yang bisa digunakan kembali bekasnya dengan segudang manfaat. Kopi, juga demikian. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari ampas kopi. Karena itu jangan langsung dibuang!

Untuk menghilangkan noda di wajan

Menghilangkan noda pada wajan dan panci memang gampang-gampang susah. Kadang mencuci menggunakan sabun dan air saja ternyata tak cukup. Untuk menghilangkan noda yang susah hilang tersebut, ampas kopi ternyata bisa dimanfaatkan lho. Caranya dengan menggosok-gosokan ampas kopi tersebut pada noda yang sulit hilang setelah dicuci dengan sabun. Bagian belakang wajan dan panci pun jadi lebih bersih.

Bau kulkas? Pasti kalah sama aroma kopi

Menyimpan banyak makanan di dalam kulkas, apalagi makanan yang busuk, dapat membuat kulkas jadi bau. Jika bau tersebut susah hilang, coba letakkan ampas kopi di dalam kulkas selama kurang beberapa jam. Aroma kopi yang kuat pun dapat menghilangkan bau tak enak dari dalam kulkas.

Bisa juga untuk menghilangkan bau di dapur atau kamar mandi

Bukan hanya dapat menghilangkan bau yang mengganggu dari dalam kulkas, ampas kopi juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau yang ada di dapur, lemari piring atau bahkan kamar mandi. Tapi ada baiknya kamu sudah membersihkan area tersebut terlebih dahulu ya agar baunya benar-benar hilang.

bubuk ampas kopi
Foto: thespruce.com

Baca juga: Jangan buru-buru dibuang, ini yang bisa kamu lakukan dengan ampas teh

Untuk pupuk tanaman

Keringkan ampas kopi kemudian taburkan ampas tersebut ke atas tanah yang digunakan untuk menanam tanaman. Kandungan yang ada di dalam kopi, ternyata dapat membantu menutrisi dan membuat tanah jadi lebih subur.

Menyehatkan kulit

Sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan kopi sebagai salah satu bahannya. Sudah jadi rahasia umum kalau kopi memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan dan melembabkan kulit. Nah, ampas kopi tersebut bisa kamu manfaatkan untuk masker atau scrub agar kulit lebih sehat.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

mentimun

Makanan-makanan yang terkenal dalam dongeng anak-anak

nasi kebuli makanan untuk perayaan maulid nabi

Hidangan yang biasa disajikan saat Maulid Nabi, bukan hanya tumpeng