Punya sakit maag, sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman ini

makanan yang harus dihindari penderita maag
Foto: freepik.com

Sakit maag memang cukup menyiksa. Karena itu biasanya pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi pun harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya, ada beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh penderita sakit maag.

Makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas memang sangat enak. Apalagi kalau kamu termasuk penggemar makanan pedas. Tapi sayangnya, jenis makanan ini kurang baik bagi orang yang menderita sakit maag. Karena rasa pedas tersebut ternyata dapat memicu naiknya asam lambung. Selain itu makanan pedas juga dapat membuat lambung terluka lho.

Minuman yang mengandung kafein

Kandungan kafein yang ada pada minuman, punya efek baik bagi tubuh tapi juga bisa memberi efek kurang baik. Misalnya pada penderita sakit maag. Kandungan kafein yang dikonsumsi setiap hari dapat mempengaruhi kesehatan lambung dan meningkatkan asam lambung. Karena itu kopi dan teh sebaiknya dikurangi jumlah konsumsi per harinya.

Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng merupakan makanan yang rendah serat, sulit dicerna dan dapat membuat perut kembung. Selain itu, gorengan juga memiliki kandungan lemak jenuh yang dapat memicu asam lambung dan membuat lambung iritasi. Karena itu makanan yang digoreng menjadi salah satu makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita sakit maag.

Baca Juga: Makanan Yang Dapat Membantu Meredam Stres

Alkohol dan minuman bersoda

Beberapa jenis alkohol memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Kandungan ini tentu dapat membuat asam lambung naik dan membuat perut terasa nyeri. Demikian juga dengan minuman bersoda yang dapat membuat perut kembung dan terasa penuh dengan gas. Kondisi ini tentu tak baik untuk lambung yang menderita sakit maag bukan?

Olahan susu

Ternyata kandungan laktosa yang ada di dalam susu juga dapat memberi efek kurang baik bagi tubuh, terutama bagi penderita maag lho. Pasalnya kandungan tersebut cenderung sulit dicerna oleh tubuh dan membuat kondisi perut jadi tak nyaman. Meski begitu bukan berarti penderita maag tak boleh mengonsumsi susu atau produk olahan susu sama sekali. Hanya saja jumlah yang dikonsumsi sebaiknya memang dibatasi.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

puding mozaik

Puding mozaik, cemilan cantik dan enak untuk suguhan di rumah

resep steak tempe

Berbahan dasar tahu tempe, tapi resep makanan ini enak banget