Cuaca Panas, Ini Makanan Yang Sebaiknya Dikonsumsi

infused water
Foto: Getty Images

Saat cuaca sedang panas di musim kemarau seperti ini, tubuh rawan dehidrasi. Tapi karena belakangan ini terkadang suhu juga terasa dingin, kita mungkin jadi sedikit meremehkan dan menganggap bahwa tubuh tak akan dehidrasi karena suhu dingin. Padahal hal itu tak sepenuhnya benar sobs. Kita tetap mungkin dehidrasi jika kekurangan cairan dalam tubuh. Karena itu ada beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat musim panas. Apa saja?

Buah-Buahan

Buah-buahan selalu jadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam berbagai momen. Tak heran, karena buah-buahan punya segudang manfaat untuk tubuh. Termasuk untuk menjaga tubuh agar tak dehidrasi saat cuaca sedang panas-panasnya.

Kamu bisa secara rutin mengonsumsi buah-buahan yang banyak memiliki kandungan air seperti, semangka, nanas, buah pear juga buah lemon. Dengan klaim kandungan air sebanyak 90%, tubuh tetap terhidrasi meski cuaca sedang panas.

makanan musim panas
Foto: Pinterest

Sayuran Hijau

Memperbanyak konsumsi sayur-sayuran yang banyak memiliki kandungan air seperti sayuran hijau dapat membuatmu terhindar dari dehidrasi. Lettuce, brokoli serta seledri dapat dijadikan pilihan makanan saat musim panas. Bahkan kubis dan mentimun diklaim memiliki kandungan air sebanyak 96%. Dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, kamu pun jadi tak mudah lelah dan kehausan.

makanan saat cuaca panas
Foto: damndelicious.net

Wah, Makanan Dari Gelatin Juga Bisa Dikonsumsi Nih

Mengonsumsi es krim saat cuaca panas memang dapat memberi efek dingin dan segar dalam sekejap. Tapi setelahnya es krim justru dapat membuat lebih haus lho.

Berbeda dengan makanan yang terbuat dari gelatin. Kandungan air dan sodiumnya yang cukup tinggi dipercaya dapat menjaga fungsi otot dan mengontrol tekanan darah. Karena itu gelatin disarankan untuk dikonsumsi saat cuaca panas.

makanan dari gelatin
Foto: mamalatinatips.com

Jangan Lupa, Selalu Cukup Minum Air Setiap Hari

Jumlah air yang disarankan untuk dikonsumsi per hari adalah 8 gelas atau setara dengan 2 liter. Jumlah ini dapat mencukupi kebutuhan air yang dibutuhkan dalam tubuh per harinya. Bahkan bukan hanya menghindari resiko dehidrasi, dengan rutin mengonsumsi 8 gelas air per hari kamu juga akan mendapat banyak manfaat di dalamnya. Jadi masa kamu masih tidak mau minum 8 gelas air per hari?

infused water
Foto: Getty Images

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

menyimpan makanan dalam kulkas

Memanaskan Makanan Sisa, Ini Yang Harus Diperhatikan

sup ikan dori

Sup Ikan Dori, Sajian Bergizi Dan Nikmat Disantap