Demi kesehatan jantung, makanan ini baik banget dikonsumsi

menu ikan salmon fillet
Foto: cookingclassy.com

Jantung termasuk salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Karena itu kesehatan jantung harus diperhatikan. Salah satunya dengan cara memperhatikan makanan dan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Lalu apa saja makanan yang baik untuk kesehatan jantung?

Sayuran hijau

Sawi, kangkung, bayam dan sayuran berdaun hijau lainnya dikenal kaya akan kandungan yang baik untuk tubuh. Termasuk vitamin, mineral serta antioksidan. Selain itu sayuran-sayuran tersebut juga merupakan sayuran dengan vitamin K tinggi yang dapat membantu melindungi arteri serta darah.

Buah beri

Buah-buahan jenis beri seperti blueberrystrawberryraspberry, dan blackberry, termasuk buah-buahan yang kaya akan kandungan serat dan antioksidan. Kandungan ini diyakini baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan risiko akan serangan jantung.

Beras merah, gandum utuh

Orang yang memiliki sakit jantung biasanya harus membatasi jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu biasanya penderita jantung koroner harus menghindari konsumsi tape ketan, tape singkong, singkong serta ubi. Sebaliknya, beras merah, gandum utuh yang kaya serat lebih disarankan.

Bawang putih

Garam termasuk salah satu makanan yang disarankan untuk dibatasi jumlah asupannya dalam tubuh, mengingat garam dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh. Sebagai solusinya, penggunaan garam dalam masakan dapat diganti dengan bahan-bahan lain, salah satunya seperti bawang putih yang diyakini dapat memberi rasa asin dan membuat masakan terasa lebih sedap.

Baca juga: Pengganti garam, bahan yang bisa digunakan untuk memberi rasa asin pada masakan

Ikan kaya lemak

Ikan kaya lemak seperti salmon, mackerel, sarden serta tuna termasuk ikan yang kaya akan lemak omega 3. Kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada ikan tersebut diyakini baik untuk menjaga kesehatan jantung. Karena itu ikan berlemak ini disarankan untuk dikonsumsi secara rutin dengan jumlah tepat.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

beda sambal matah dan sambal dabu-dabu

Biar tak lagi sering keliru, yuk kenali bedanya sambal matah dan dabu-dabu

resep membuat minyak bawang

Bikin minyak bawang sendiri, pelezat mi yang bisa mengalahkan mi instan