Bantu turunkan kolesterol dengan makanan lezat, bisa kok

alpukat turunkan kolesterol dalam tubuh
Foto: freepik

Dalam jumlah normal, kolesterol merupakan lemak yang berguna bagi tubuh. Namun jika kadarnya terlalu tinggi, kolesterol dapat menumpuk dan mengganggu aliran darah. Karena itu penting untuk menjaga agar kadar kolesterol di dalam tubuh tidak meningkat dan membahayakan tubuh. Salah satunya dengan mengatur makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Banyak yang beranggapan, untuk mendapatkan tubuh yang sehat artinya tak bisa mengonsumsi makanan-makanan yang lezat lagi. Padahal jangan salah. Banyak lho makanan sehat yang juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Beberapa makanan ini di antaranya.

Oatmeal

Salah satu cara untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi serat seperti oatmeal. Bisa dijadikan menu sarapan yang lezat, menyiapkan oatmeal juga cukup praktis dan mudah. Agar semakin lezat, bisa juga ditambahkan stroberi atau bahan lain dalam semangkuk oatmeal yang siap dinikmati.

oatmeal makanan sehat turunkan kolesterol
Foto: freepik/sashakochetkova

Stroberi

Buah stroberi juga termasuk salah satu makanan lezat dan sehat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, stroberi juga mengandung berbagai vitamin baik lainnya. Karena itu stroberi diyakini dapat membantu menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

Bisa dikonsumsi secara rutin, stroberi pun bisa diolah menjadi berbagai menu yang lezat.

strawberry makanan lezat bantu turunkan kolesterol
Foto: freepik/azerbaijan-stockers

Alpukat

Alpukat merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus. Selain itu alpukat juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengganti lemak jenuh dalam tubuh dengan lemak tak jenuh tunggal yang berasal dari alpukat. Karena itu alpukat menjadi salah satu makanan yang juga direkomendasikan untuk menurunkan kolesterol.

alpukat turunkan kolesterol dalam tubuh
Foto: freepik

Ikan salmon

Ikan termasuk jenis makanan yang baik untuk menurunkan kolesterol. Salah satunya termasuk ikan salmon. Rasanya yang lezat dan segala kandungannya yang baik untuk tubuh, termasuk omega 3 nya, sudah pasti tak perlu diragukan lagi bukan?

ikan salmon untuk turunkan kolesterol dalam tubuh
Foto: freepik/user16569944

Baca juga: Agar lebih cepat pulih, ini yang sebaiknya dikonsumsi saat sedang sakit tipes

Kacang kenari

Kacang almond termasuk salah satu jenis kacang yang diyakini punya banyak kandungan baik untuk tubuh. Salah satunya untuk menghancurkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Namun, kacang kenari diyakini memiliki efek yang lebih baik untuk menurunkan kolesterol dibanding kacang almond lho.

kacang kenari makanan lezat dan sehat yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh
Foto: freepik/dashu83

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ayam betutu khas bali

Jujukan pelancong dari berbagai negara, kuliner khas Bali ini tak boleh dilewatkan

resep dan cara membuat iwak karing batanak khas banjar

Resep dan cara membuat iwak karing batanak ala Banjar yang kaya rasa