Berada di sebelah barat Samudra Hindia, ini makanan unik khas Lampung

sambel seruit kuliner khas lampung
Foto: instagram/encim.gendut

Lampung terkenal memiliki makanan khas dengan citarasa pedas. Misalnya seperti sambel seruit. Namun selain sambel seruit, Lampung juga punya berbagai kuliner khas lainnya. Ingin lebih mengenal apa saja kuliner khas Lampung lainnya? Coba cari tahu yuk!

Sambel seruit

Menggunakan bahan dasar ikan sungai, seruit biasanya dibuat dengan proses masak dibakar atau digoreng. Ikan yang biasa digunakan seperti baung, balide atau sejenisnya, dibumbui dengan campuran bawang putih, ketumbar, garam serta kecap manis sebelum kemudian dimasak. Ikan tersebut kemudian disantap dengan sambal terasi khas Kota Bandar Lampung, tempoyak serta irisan mangga muda. Dengan campuran citarasa yang pedas, gurih, manis, pastinya sambal seruit membuat keringat bercucuran dan ketagihan.

sambel seruit kuliner khas lampung
Foto: instagram/encim.gendut

Umbu

Sudah tau belum kalau rotan bisa dimakan? Yup, di Lampung ada kuliner khas yang disebut umbu. Terbuat dari rotan yang masih muda, rotan ini biasanya direbus hingga teksturnya lunak. Setelah itu, umbu biasanya dijadikan hidangan dalam bentuk oseng, lalapan atau hidangan lainnya. Dengan rasa khasnya yang pahit, umbu termasuk salah satu kuliner unik khas Lampung yang patut dicoba.

umbu makanan khas lampung
Foto: Istimewa

Gulai taboh

Dengan bumbu racikan khas Lampung, menu olahan ikan dengan santan ini sekilas memang terlihat cukup mirip dengan sayur lodeh. Padahal gulai taboh memiliki citarasa yang lebih pekat. Campurannya pun bukan cuma ikan, melainkan ada kacang merah, kacang panjang, kol hingga rebung. Cukup unik dan lengkap ya?

gulai taboh makanan tradisional khas lampung
Foto: instagram/pesisirbarat_

Baca juga: Tak kalah ciamik dengan wisata alamnya, ini kuliner khas Bangka Belitung

Panggang lampung

Lampung memang termasuk salah satu daerah yang makanan khasnya banyak menggunakan ikan. Uniknya, menu ini tidak menggunakan banyak bumbu. Rasa segar ikan yang khas pun terasa cukup kuat dengan cara masak yang dipanggang atau diasapi hingga ikan matang. Selanjutnya, ikan panggang tersebut dapat dinikmati dengan nasi hangat dan sambal.

panggang lampung
Foto: news.unair.ac.id

Sekubal

Selain menu makanan-makanan utama, Lampung juga punya camilan khas yang cukup favorit seperti kue sekubal. Dengan bahan dasar ketan dan santan yang dibungkus daun pisang, kue sekubal dimasak dengan cara dikukus. Uniknya, kue ini membutuhkan proses masak yang cukup lama sekitar delapan hingga sepuluh jam. Wah dibalik citarasanya yang lezat, ternyata proses pembuatannya cukup istimewa ya.

sekubal jajanan khas lampung
Foto: instagram/annisarahmasuri
Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

menu diet sehat

Demi kesehatan, coba terapkan pedoman gizi seimbang setiap hari yuk

cara gampang bikin creme brulee

Cara gampang bikin creme brulee, tapi rasa tak perlu diragukan