Siap Mengunjungi Kalimantan Timur? Ini Makanan Khas Kaltim Yang Oke Banget

pepes kepiting makanan khas kaltim
Foto: openrice.com/udayanas

Kaltim atau Kalimantan Timur belakangan ini disebut-sebut sebagai salah satu kandidat lokasi pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia. Nah omong-omong soal Kalimantan Timur, kira-kira kalau berkunjung ke sana apa saja ya makanan khas Kaltim yang bisa dicicipin?

Pepes Kepiting

Kamu mungkin sudah tak asing dengan menu pepes. Tapi yang umumnya ada di tempatmu dan sering kamu cicipi mungkin pepes ikan atau pepes tahu. Nah, kalau pepes kepiting sudah pernah mencobanya belum? Di Kalimantan Timur, kamu bisa mencoba menikmati makanan khas yang unik dan jarang ditemukan ini.

Dibuat menggunakan kepiting soka yang dimasak dengan cabe merah, cabe rawit, serai, daun kemangi serta rempah-rempah, bahan-bahan ini kemudian ditumis dan dibungkus dengan daun pisang. Memasaknya bukan cuma dikukus, tapi juga dibakar setelahnya. Sehingga aroma masakan ini pun semakin sedap dan wangi.

pepes kepiting makanan khas kaltim
Foto: openrice.com/udayanas

Gangan Asam Patin

Salah satu ikan yang banyak dijadikan olahan makanan khas Kalimantan Timur adalah ikan patin. Di antara beberapa menu itu salah satunya yang terkenal di Banjarmasin adalah gangan asam patin. Dengan campuran kacang panjang, labu siam, tomat, kol, belimbing wuluh serta cabai hijau, olahan makanan berkuah ini akan terasa berlemak karena ikan patin yang digunakan. Perpaduan bahan-bahan ini akan menghasilkan rasa asam, pedas dan unik yang khas.

gangan asam patin khas kalimantan timur
Foto: Instagram/pujihamzah

Ayam Cincane

Sekilas menu ini memang tampak seperti ayam bakar biasa. Tapi berbeda dengan ayam bakar biasa, ayam cincane biasanya direbus dengan bumbu khusus terlebih dahulu sebelum dibakar dengan bumbu khasnya di atas bara api hingga kecoklatan. Menu ini termasuk salah satu menu yang banyak disajikan saat acara penting lho.

ayam cincane kuliner khas kalimantan timur
Foto: food_choice2016

Baca Juga: Tak Akan Menyesal, Ini Makanan Khas Banten Yang Super Lezat

Pisang Gapit

Salah satu cemilan khas Kalimantan Timur yang tak boleh dilewatkan adalah pisang gapit. Dalam bahasa Banjar, gapit berarti jepit. Karena proses pembuatannya yang dipanggang sambil dijepit hingga pipih. Karena pisang yang biasa digunakan adalah pisang kepok serta pisang sanggar, maka tak heran kalau pisang gapit ini punya citarasa yang begitu lezat. Kamu bisa menikmati pisang ini dengan saus karamel yang dibuat menggunakan gula merah dan santan. Sudah terbayang kan seperti apa kelezatannya?

pisang gapit
Foto: instagram/devhathaya

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ruang makan

Bukan Hanya Dapur, Ruang Makan Pun Harus Dijaga Kebersihannya

kandungan ikan tuna

Kaya Gizi, Ini Manfaat Ikan Tuna Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui