Tidak Hanya Jepang, Indonesia Juga Punya Makanan Khas dari Ikan Mentah

Pada umumnya kuliner ikan mentah sering dilihat sebagai makanan budaya orang Jepang, seperti sushi dan sashimi. Tapi tau nggak, ternyata Indonesia juga punya masakan yang berbahan ikan mentah, simak apa saja menunya disini:

makanan khas dari ikan mentah
Foto: www.daftarkulinerindonesia.web.id

1. Gohu Ikan, Ternate

Dari Ternate ada Gohu Ikan yang bahan utamanya adalah ikan tuna mentah. Proses membuatnya tidak ribet, yakni ikan tuna yang setelah dibersihkan lalu dipotong kotak-kotak, kemudian di siram dengan perasan air jeruk nipis, garam dan daun kemangi. Gohu Ikan sendiri disajikan sebagai lauk yang dimakan bersama nasi putih atau bubur sagu.

makanan khas indonesia
Foto: Dekke Naniura. www.travelesia.co

2. Naniura, Tapanuli

Berasal dari Tapanuli Sumatra Utara, ada Naniura yakni daging mentah ikan emas yang d rendam dalam saus yang berisi berbagai bumbu dan rempah alami. Salah satu bumbu yang digunakan adalah bumbu andaliman khas suku Batak. Dalam sejarah Tapanuli, Naniura disajikan sebagai makanan para raja namun seiring waktu masakan ini bisa ditemukan di rumah makan maupun restauran.

Foto: indonesiakaya.com

3. Rusip, Bangka Belitung

Rusip yang berasal dari Bangka Belitung ini berbahan utama ikan teri atau ikan bilis. Ikan teri difermentasi dengan adonan gula merah dan garam selama 7 hari. Setelah proses ferementasi selesai, adonan Rusip taburi bumbu jeruk kunci dan irisan bawang merah dan cabe rawit. Rasanya yang asam segar cocok dijadikan sebagai sambal khas Bangka Balitung.

makanan khas indonesia
Foto: dapurummahat.blogspot.com

4. Lawa Bale, Polewali

Lawe Bale asal Polewali Sulawesi Selatan ini menggunakan ikan teri atau ikan banjar sebagar bahan utama. Ikan-ikan kecil ini disiram dengan perasan air jeruk nipis lalu ditaburi kelapa parut dan garam.

makanan khas indonesia dari ikan mentah
Foto: merahnews.com

5. Pacco, Luwu

Pacco dibuat dari berbagai daging ikan sesuai dengan selera. Ikan dibersihkan dari organ dalamnya dan tulang, kemudian di rendam dengan perasan air jeruk nipis selama 10 menit. Pacco kemudian disajikan dengan campuran jeruk sambel, garam, kcang tanah goreng dan irisan lombok. Indonesia punya makanan unik yang tidak kalah menarik dari sushi dan sashimi dari Jepang. Selamat mencoba!

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Selain Rendang, 5 Makanan Indonesia ini Favorit di Luar Negri lho!

memasak udang

Hal-hal Penting yang Perlu Dicermati Sebelum Memasak Udang