Kreatif memanfaatkan bahan, makanan ini dibungkus dengan daun pisang

lemper makanan yang dibungkus daun pisang
Foto: diahdidi.com

Orang Indonesia memang sangat kreatif dalam memanfaatkan bahan. Termasuk memanfaatkan daun pisang sebagai pembungkus aneka makanan tradisional. Cara ini juga dipercaya dapat memberi aroma khas dan membuat makanan jadi punya citarasa lebih unik. Lalu apa saja sih makanan Indonesia yang dibungkus daun pisang?

Lemper

Terbuat dari beras ketan, santan serta suwiran ayam sebagai isian, meski cara pengolahannya bisa berbeda yaitu bisa dikukus atau dibakar, tapi lemper secara tradisional biasanya dimasak dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang.

lemper makanan yang dibungkus daun pisang
Foto: diahdidi.com

Nagasari

Daun pisang bukan hanya kerap digunakan untuk membungkus makanan yang punya citarasa gurih, tapi tak jarang juga digunakan untuk membungkus makanan yang bercitarasa manis. Misalnya seperti nagasari. Dibuat dari campuran adonan tepung beras, tepung sagu, gula, santan serta pisang sebagai isian, nagasari biasanya dimasak dengan cara dikukus.

nagasari
Foto: Pinterest

Kue Bugis

Jika dilihat dari penampakan kuenya, kue bugis memang tampak memiliki rasa manis seperti nagasari. Bahan dan cara membuatnya memang mirip, hanya saja isiannya berbeda. Jika nagasari menggunakan pisang sebagai isiannya, kue bugis biasanya menggunakan parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah. Adonan makanan khas suku Bugis, Makassar ini biasanya berwarna hijau yang berasal dari pandan atau pewarna makanan.

kue bugis aneka kue dibungkus daun pisang
Foto: resepkoki

Baca Juga: Kue Berbahan Tepung Beras, Ini Kue Tradisional Yang Bisa Dibikin Sendiri

Botok

Selain sebagai pembungkus cemilan, daun pisang juga bisa digunakan untuk membungkus makanan utama seperti nasi bakar atau lauk seperti botok dan pepes. Citarasa botok yang sangat khas dan tradisional terasa semakin otentik dengan aroma daun pisang yang digunakan sebagai pembungkusnya.

botok tahu tempe
Foto: ummufatima-mysimplykitchen.blogspot.com

Lemet Singkong

Meski singkong termasuk salah satu umbi-umbian yang mudah didapat di Indonesia, tapi keberadaan lemet singkong belakangan ini cukup susah ditemukan. Tertarik membuatnya sendiri di rumah? Bahan utamanya menggunakan singkong yang diparut dan dicampur gula merah serta parutan kelapa. Bahan-bahan ini kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang.

lemet singkong
Foto: resepkraton.com

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ikan bumbu kuning

Gurih, coba masak ikan baronang bumbu kuning yang sederhana ini

manfaat saffron

Putik bunga saffron yang sedang populer, apa saja sih manfaatnya?