Dari Pulau Sumatera, ini makanan khas Sumatera Utara yang harus kamu tahu

bika ambon jajan khas sumatera utara
Foto: instagram/suwanditanha

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya. Bukan hanya kaya akan sumber daya alam, tapi juga kaya dengan aneka kuliner atau makanan khasnya dari berbagai daerah. Setiap provinsi, seperti halnya Sumatera Utara punya makanan khas masing-masing. Tapi apa saja sih kuliner atau makanan khas Sumatera Utara yang ada?

Dekke na niura

Dekke na niura termasuk salah satu kuliner khas Sumatera Utara yang sudah ada sejak zaman dulu. Awalnya makanan ini merupakan hidangan untuk para raja suku Batak. Namun saat ini makanan ini sudah dapat disantap oleh semua orang.

Menggunakan ikan mas, bumbu halus yang khas dioleskan pada ikan yang sudah dibersihkan dan didiamkan selama kurang lebih 4 jam sebelum dapat dinikmati dengan nasi hangat.

Dekke Na Niura khas sumatera utara
Foto: instagram/rmsihol

Mie gomak

Kerap disebut sebagai spaghetti khas Sumatera Utara, mie gomak juga menggunakan mie seperti yang digunakan pada spaghetti. Hanya saja bumbu yang digunakan merupakan bumbu khas setempat, sehingga rasa rempah-rempahnya pun cukup kuat.

mie gomak khas sumatera utara
Foto: instagram/hilmi_fitriani87

Bika ambon

Jajanan yang satu ini termasuk salah satu makanan khas Sumatera Utara yang sudah cukup populer bukan hanya di Sumatera Utara, tapi juga di berbagai daerah di Indonesia. Sering dijadikan oleh-oleh, bika ambon ternyata bukan berasal dari Ambon. Makanan khas ini justru banyak ditemui di Medan.

bika ambon jajan khas sumatera utara
Foto: instagram/suwanditanha

Arsik

Ikan mas memang termasuk salah satu ikan favorit dan banyak mewarnai aneka kuliner khas Sumatera Utara. Bukan hanya dekke na niura, arsik juga menggunakan ikan mas sebagai bahan utamanya. Dibanding dekke na niura, arsik merupakan hidangan yang dimasak dengan air cukup banyak dan dibiarkan terserap hingga habis. Karenanya arsik memiliki bumbu dan citarasa yang cukup kuat dan kental.

ikan masak arsik khas sumatera utara
Foto: instagram/inovpelawi

Baca juga: Dengan Cita Rasa Nusantara, Ini Kuliner Khas Aceh Yang Patut Dicoba

Kue ombus-ombus

Selain bika ambon, kue ombus-ombus termasuk jajanan kuliner khas Sumatera Utara yang tak kalah populer. Biasanya kue yang terbuat dari tepung beras dengan campuran gula merah di tengahnya ini banyak dijadikan menu sajian bersama kopi terutama pada saat ada pesta adat.

kue ombus-ombus khas sumatera utara
Foto: instagram/tokofelii
Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

edamame

Kaya manfaat, edamame juga baik untuk melancarkan ASI

abon sapi olahan daging tahan lama

Ide olahan daging yang tahan lama disimpan