Makanan Dan Minuman Ini Sebaiknya Kamu Hindari Saat Bulan Puasa

makanan yang sebaiknya dihindari
Foto: Getty Images/iStockphoto

Saat berbuka setelah seharian berpuasa, biasanya kita jadi ingin menikmati berbagai macam sajian. Mulai dari aneka minuman hingga makanan. Padahal saat pada bulan puasa seperti ini, kita justru harus menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat dan fit saat menjalani aktivitas di bulan ramadan. Karenanya ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat bulan ramadan.

Makanan Pedas

Mengonsumsi makanan pedas dapat mempengaruhi sistem pencernaan dalam tubuh. Makanan pedas pun dapat mengakibatkan diare. Karenanya makanan pedas pun termasuk salah satu makanan yang sebaiknya dihindari saat bulan puasa. Kalau pun ingin memakannya, ada baiknya membatasi porsinya sehingga tidak berlebihan ya, sobs. Karena kalau sampai terkena diare, penyerapan nutrisi ke dalam tubuh pun tidak akan bekerja maksimal.

Minuman Bersoda, Kopi Dan Teh

Mengonsumsi minuman bersoda, kopi serta teh saat sahur bukanlah ide yang tepat. Pasalnya minuman bersoda, kopi dan teh memiliki efek diuretik yang kurang baik bagi tubuh. Efek ini dapat membuat tubuh mengalami dehidrasi saat berpuasa. Demikian juga saat berbuka puasa, minuman bersoda juga sebaiknya dihindari karena kandungan gula yang ada di dalamnya dianggap kurang sehat untuk tubuh.

menghindari minuman bersoda saat puasa
Foto: alodokter.com

Makanan Dan Minuman Yang Terlalu Manis

Saat berbuka puasa memang dianjurkan untuk makan makanan yang manis. Namun kalau terlalu manis justru jadi kurang baik untuk pencernaan. Pasalnya makanan dan minuman yang terlalu manis dapat membuat tubuh bekerja lebih kerasdari seharusnya.

Makanan Gorengan

Gorengan seperti sudah jadi makanan wajib yang harus dinikmati saat buka puasa. Selain punya cita rasa yang enak dan bikin ketagihan, gorengan juga sangat mudah didapat. Tapi sayangnya, gorengan termasuk salah satu makanan yang harus dihindari saat buka puasa. Karena kandungan lemak dan minyak berlebih yang ada di dalam gorengan memberi efek buruk bagi tubuh.

makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari
Foto: Istimewa

Bahkan jika rutin memakan gorengan setiap hari saat berbuka puasa, ada kemungkinan berat badan pun akan bertambah saat bulan puasa usai lho, sobs. Kandungan minyak gorengnya pun dapat mengendap di dalam saluran pencernaan dan mengganggu kinerja sistem pencernaan. Jadi ada baiknya untuk membiasakan diri mengonsumsi buah-buahan saat berbuka dan sahur.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

fuyunghai udang

Resep Mudah Bikin Fuyunghai Udang Yang Super Enak

karedok

Masakan Khas Sunda Yang Dari Dulu Hingga Sekarang Punya Banyak Penggemar