Jawa Barat, ini makanan khas dari tanah sunda yang tak boleh dilewatkan

nasi liwet sunda makanan khas jawa barat
Foto: catatannina.com

Daerah Jawa Barat sering juga disebut sebagai tanah sunda. Selain dikenal dengan warganya yang ramah tamah dan suka tersenyum, Jawa Barat juga terkenal akan beragam kulinernya yang lezat. Di antaranya, berikut beberapa kuliner dan makanan khas Jawa Barat yang patut dicoba.

Nasi liwet

Memiliki citarasa manis dan gurih dari campuran santan sebagai bahan utama, nasi liwet termasuk salah satu hidangan yang biasa hadir saat ada acara kumpul-kumpul. Biasanya nasi liwet disajikan dengan tambahan ikan teri, daun serai, tahu serta ayam goreng. Perpaduan rasanya yang unik membuat nasi liwet semakin terasa istimewa.

nasi liwet sunda makanan khas jawa barat
Foto: catatannina.com

Karedok

Termasuk salah satu hidangan salad khas Indonesia, karedok banyak disebut mirip dengan gado-gado. Bedanya, karedok menggunakan sayuran yang disajikan secara mentah, berbeda dengan gado-gado yang bahan sayurannya sudah direbus matang. Disiram dengan bumbu khas yang merupakan perpaduan antara kacang tanah goreng, bawang putih, cabai, asam, kencur, gula jawa, terasi dan garam, karedok termasuk makanan tradisional yang cukup populer di Jawa Barat.

karedok makanan khas jawa barat
Foto: instagram/rahdhan

Combro

Menggunakan singkong sebagai bahan utamanya, isiannya menggunakan sambal oncom. Karena itu combro merupakan singkatan dari ‘oncom di jero‘ yang menggambarkan definisi combro itu sendiri.

combro pedas kuliner khas jawa barat
Foto: instagram/vv_luv_eatntravel

Soto mi

Menu masakan sunda yang satu ini menggunakan mi sebagai bahan utamanya. Diguyur kuah yang kental, soto mi biasanya dihidangkan dengan campuran tauge, kacang kedelai goreng serta irisan daging. Segar dan hangat, biasanya soto mi juga cocok dinikmati pedas.

kuliner jawa barat
Foto: instagram/henjiwong

Baca juga: Tak Akan Menyesal, Ini Makanan Khas Banten Yang Super Lezat

Peuyeum

Peuyeum termasuk salah satu makanan khas tanah sunda yang juga menggunakan singkong sebagai bahan bakunya. Singkong tersebut difermentasi dengan ragi sebagai proses pengolahannya. Biasanya peuyeum menjadi camilan yang cocok dinikmati dengan minuman hangat seperti kopi atau teh.

peuyeum jajanan khas jawa barat
Foto: instagram/fridajoincoffee
Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

sate bandeng

Tak Akan Menyesal, Ini Makanan Khas Banten Yang Super Lezat

edamame daitsabu

[Infografis] Serupa tapi tak sama, apa sih beda kacang kedelai biasa dan edamame