Populer, makanan khas Bengkulu ini wajib banget dicobain

pendap kuliner khas bengkulu
Foto: instagram/aland_anugrah

Bengkulu menjadi salah satu provinsi yang memiliki banyak potensi wisata menarik untuk dikunjungi. Kekayaan kulinernya pun merupakan salah satu daya tarik tersendiri yang tak bisa dipungkiri. Nah di antara seluruh kuliner atau makanan khas Bengkulu yang ada, berikut ini beberapa yang wajib banget dicoba.

Gulai kemba’ang

Sekilas nama kemba’ang mungkin membuat kita teringat pada kambing. Namun di Bengkulu, ada satu kuliner yang sangat khas yaitu gulai kemba’ang yang terbuat dari iga sapi. Dimasak dengan bumbu rempah dan racikan khas Bengkulu, makanan tradisional ini biasanya paling populer pada saat bulan ramadhan atau lebaran.

Kue tat

Dulu hidangan ini termasuk salah satu makanan mewah yang hanya bisa dinikmati oleh Raja dan kalangan ningrat. Tampak mirip dengan kue pie, kue tat merupakan makanan khas Bengkulu yang memiliki rasa manis, gurih serta empuk. Kini kue tat bisa didapatkan dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh khas Bengkulu lho. Cocok jadi oleh-oleh setelah mengunjungi Bengkulu.

kue tat kuliner khas bengkulu
Foto: instagram/zefykulineran

Bagar hiu

Sesuai namanya, bagar hiu menggunakan ikan hiu sebagai salah satu bahan utamanya. Dimasak dengan teknik khusus, aroma amis pada hidangan ini bisa dibilang tak terasa lho. Rumornya, menu ini pun jadi salah satu menu favorit Presiden pertama RI, Ir. Soekarno pada saat tinggal di Bengkulu untuk menjalani masa pengasingan.

Dimasak menggunakan kelapa sangrai, bagar hiu memiliki citarasa tradisional yang sangat pekat dan khas.

Baca juga: Berlibur ke Maluku, jangan lupa mencicipi deretan kuliner khas Maluku ini

Pendap

Makanan tradisional yang satu ini sangat khas. Pasalnya, pendap biasanya dimasak dan disajikan dengan bungkusan daun talas. Makanan khas Bengkulu ini menggunakan berbagai rempah seperti bawang putih, cabai, kencur serta kelapa parut untuk menonjolkan citarasanya yang khas dan istimewa. Wajib banget dicobain saat sedang berkunjung ke Bengkulu lho!

pendap kuliner khas bengkulu
Foto: instagram/aland_anugrah

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bubur suro tradisi tahun baru jawa

Sajian yang biasa ada saat perayaan Tahun Baru Islam

salmon frozen

Ini langkah jaga laut yang bisa diterapkan untuk ikut peringati hari maritim nasional