Makan Makanan Pedas Ternyata Punya Manfaat Lho Untuk Tubuh

manfaat cabai
Foto: Pixabay

Banyak masyarakat Indonesia yang begitu doyan makan makanan pedas. Kamu salah satunya? Banyaknya ragam sambal khas Indonesia, semakin memanjakan kamu yang penggemar pedas. Ditambah semakin banyak makanan yang dijual dengan menonjolkan berbagai tingkat kepedasan.

Meski kamu mungkin sering mendengar harus menghindari makanan pedas demi lambung, tapi ternyata makanan pedas punya manfaat lho untuk tubuh. Ini beberapa manfaat di antaranya.

Bisa Menurunkan Berat Badan Lho

Cabai memiliki kandungan capsaicin yang dapat meningkatkan temperatur tubuh. Capsaicin juga dapat meningkatkan detak jantung. Proses ini mempercepat metabolisme dan membuat kalori dalam tubuh terbakar lebih cepat.

Cabai Juga Bisa Menyehatkan Jantung

Makan cabai bisa membantu menyehatkan jantung lho. Hal ini karena kandungan cabai dapat membantu mencegah pembekuan darah. Kadar kolesterol jahat/LDL juga dapat membantu mencegah oksidasi yang bisa menyumbat pembuluh darah. Cabai pun efektif melawan inflamasi yang merupakan salah satu faktor resiko munculnya penyakit jantung.

Dapat Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah

Makanan pedas akan melancarkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah. Cabai juga membantu menguatkan dinding pembuluh darah  karena kandungan vitamin A dan C-nya.

Sebagai Makanan Antikanker

Banyak penelitian menunjukkan konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Capsaicin memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus sel-sel kanker mati tanpa merusak sel sehat di sekitarnya.

Dapat Membantu Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Manfaat cabai dalam saluran pencernaan adalah meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Capsaicin juga membantu membunuh bakteri H.pylori penyebab sakit maag.

Mengobati Flu

Capsaicin membantu meningkatkan pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu yang mengganggu. Makanan pedas juga akan membantu membuka jalan napas, mengurangi sinusitis, dan gejala flu lainnya.

Menstimulus Agar Tidur Nyenyak

Peneliti dari Australia menemukan orang yang rutin mengasup makanan pedas lebih mudah tidur. Mereka juga cenderung bangun lebih pagi dan lebih segar.

Membantu Menjaga mood

Cabai merah meningkatkan level endorfin dan serotonin yang menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. Hormon ini bisa berlaku seperti pelawan stres dan depresi.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

makanan anak kos

Makanan Yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Baru Yang Pertama Kali Ngekost

corndog mozarella

Corndog Crabstick Mozarella Cemilan Anak Sepulang Sekolah