Macam saus dan kegunaannya untuk berbagai hidangan, jangan salah lagi ya (Part 1)

macam saus sesuai kegunaannya
Foto: freepik

Dalam berbagai menu masakan, saus sering kali digunakan sebagai bahan pelengkap bumbu. Berbeda jenis hidangannya, berbeda pula jenis saus yang digunakan. Saking banyaknya jenis dan macam saus yang ada jadi sedikit membingungkan, terutama untuk yang baru mulai belajar dan suka memasak. Padahal salah memilih jenis saus untuk dicampurkan, bisa mempengaruhi citarasa makanan tersebut lho.

Karena itu supaya tak salah mencampurkan saus, simak yuk beberapa macam saus dan kegunaannya ini.

Saus tomat

Seperti namanya, saus ini dibuat dengan bahan utama tomat. Memiliki tekstur kental dengan aroma khas tomat, saus ini biasanya digunakan untuk campuran bumbu dalam pembuatan menu asam manis. Saus tomat juga kerap jadi salah satu bahan dasar dalam pembuatan beberapa jenis saus lain, seperti saus bolognese.

Saus sambal

Sekilas, tampilan saus sambal kerap dianggap mirip dengan saus tomat. Dua jenis saus ini memang termasuk yang paling populer dan familiar di masyarakat Indonesia. Hanya saja saus sambal memiliki citarasa yang lebih pedas dibanding saus tomat. Jenisnya pun lebih beragam, mulai dari saus sambal biasa hingga saus sambal bangkok,

Selain untuk campuran masakan, biasanya saus sambal dan saus tomat juga kerap dijadikan cocolan beberapa makanan seperti gorengan, ayam, bakso dan berbagai makanan lainnya.

Saus teriyaki

Jenis saus ini kerap dikaitkan dengan Jepang. Mulai dari asal muasalnya hingga kegunaannya. Biasanya saus ini banyak digunakan untuk memasak daging, ayam hingga seafood. Menu hidangan bakaran pun juga tak jarang menggunakan saus teriyaki. Sebelum dibakar, bahan yang akan dibakar tersebut direndam dengan saus teriyaki terlebih dahulu sehingga citarasanya pun semakin lezat.

Saus tiram

Sekilas, bentuk dan warna saus tiram memang cukup mirip dengan kecap manis. Warnanya coklat gelap dengan tekstur yang cukup kental. Namun saus tiram memiliki rasa yang cenderung asin dan gurih. Karena itu biasanya saus tiram banyak digunakan untuk hidangan-hidangan seafood.

Baca juga: Makin kaya rasa, ini yang biasa digunakan untuk memberi rasa asam pada masakan

Saus tabasco

Meski sebutannya sedikit berbeda, namun tabasco sebenarnya termasuk dalam jenis saus sambal. Tabasco sendiri merupakan merek dagang yang berasal dari nama negara bagian di Meksiko. Biasanya, tabasco digunakan untuk memberi rasa pedas pada hidangan seperti pizza atau pasta. Aromanya cukup unik. Selain memberi rasa pedas, rasa tabasco juga sedikit asam.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

yang harus dihindari sebelum donor darah

Hindari konsumsi ini sebelum melakukan donor darah

macam saus dan kegunaannya

Macam saus dan kegunaannya untuk berbagai hidangan, jangan salah lagi ya (Part 2)