Lebih hemat waktu, siapkan bumbu halus siap pakai di rumah

cara menyiapkan bumbu halus
Foto: Ilustrasi | Shutterstock

Punya stok bumbu halus yang siap pakai pastinya akan sangat membantu dalam proses masak. Sehingga masak jadi lebih mudah dan hemat waktu. Tak perlu lagi meracik bumbu, kemudian mengupas dan menghaluskannya. Tinggal masukkan bumbu dan proses masak jadi lebih cepat selesai.

Meski di pasaran sudah banyak dijual bumbu halus siap pakai, tapi ada baiknya membuat sendiri lho. Bukan hanya racikannya lebih bisa disesuaikan dengan keinginan, namun bahan-bahan yang dipakai pun bisa dipilih dengan baik sehingga tak sembarangan. Nah supaya bumbu halus tersebut lebih lezat dan sedap, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Gunakan bahan yang masih segar

Bahan yang digunakan sangat menentukan kualitas bumbu yang dihasilkan. Jika ingin mendapatkan bumbu yang lezat, segar dan sedap, bahan yang digunakan tentunya harus yang segar juga. Apalagi bahan-bahan dapur seperti cabai dan bawang memiliki aroma yang akan sangat mempengaruhi masakan.

Porsinya tak perlu terlalu banyak

Salah satu membuat bumbu halus siap pakai dan menyimpannya adalah agar masak jadi lebih praktis dan cepat. Karenanya porsi yang disiapkan pun biasanya untuk beberapa kali masak. Tapi jika menyiapkan terlalu banyak dan akhirnya malah membuat kebingungan menyimpannya tentu bukan sesuatu yang tepat bukan?

Siapkan sesuai kebutuhan

Karena menyiapkan bumbu halus terlalu banyak dan menyimpannya dalam waktu yang terlalu lama bukanlah hal yang baik, jadi ada baiknya untuk menyiapkan porsinya sesuai kebutuhan saja. Misalnya untuk penggunaan selama satu minggu.

Baca juga: Agar sayur sup lebih sempurna, jangan sampai salah melakukan langkah ini

Buat beberapa macam bumbu dasar

Ada beberapa jenis bumbu dasar yang biasa digunakan untuk menu-menu masakan Indonesia. Misalnya bumbu merah dan bumbu kuning. Dengan kegunaan dan rasa yang berbeda, tak ada salahnya kok menyiapkan bumbu dasar siap pakai dalam beberapa jenis. Jadi saat dibutuhkan tinggal pakai deh.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara membuat pizza kukus tanpa oven

Tak melulu harus dioven, kamu juga bisa coba bikin pizza kukus yang tak kalah lezat

resep dan cara membuat risoles mayonaise yang enak

Bikin risoles crab stick mayonaise yang enak, anti gagal