Lebih Hemat, Cemilan-Cemilan Ini Bahan Utamanya Dari Singkong

combro
Foto: Instagram/foodys.story

Masyarakat Indonesia sangat kreatif dalam mengolah makanan. Karena itu banyak sekali cemilan yang berhasil dibuat dengan begitu lezat dari bahan tradisional sebagai bahan utama. Misalnya seperti cemilan dari singkong.

Gethuk Lindri

Jajanan ini termasuk salah satu jajanan tradisional yang mudah didapatkan di daerah Jawa, terutama daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dibuat dari bahan utama ketela pohon atau singkong yang dihaluskan, getuk lindri yang umumnya punya citarasa manis karena tambahan gula di dalamnya, biasa disajikan dengan kelapa parut di bagian atasnya. Sehingga citarasa yang dihasilkan merupakan perpaduan rasa manis dan gurih.

getuk lindri cemilan dari singkong
Foto: Mahligai Indonesia

Singkong Goreng

Cemilan yang satu ini termasuk yang paling mudah dibuat. Singkong tinggal direbus hingga matang kemudian digoreng. Untuk membuat rasa gurih pada singkong, kamu bisa melumuri singkong dengan air garam sebelum digoreng.

singkong goreng
Foto: promook.top

Ongol-Ongol

Makanan yang satu ini juga terbuat dari bahan utama singkong. Merupakan makanan tradisional khas Jawa Barat, ongol-ongol dibuat dengan bahan tambahan tepung sagu, gula jawa serta beberapa bahan lainnya. Tak lupa, ongol-ongol biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut di bagian luarnya.

ongol-ongol cemilan dari singkong
Foto: instagram/ani_lia

Baca Juga: Bahan Cemilan Yang Cocok Untuk Teman Ngeteh Santai, Cemilan Sehat!

Sawut

Terbuat dari parutan singkong yang dicampur gula jawa, sawut biasanya dimasak dengan cara dikukus. Makanan tradisional yang berasal dari Yogyakarta ini kerap juga dianggap sebagai jajanan pasar yang biasa dinikmati saat pagi hari sembari menyeruput teh atau kopi hangat.

sawut singkong
Foto: cookpad

Combro

Combro dibuat dengan bentuk bulat atau lonjong dengan isian di dalamnya. Biasanya isian tersebut menggunakan sambal oncom. Karenanya ada juga yang menyebut makanan yang berasal dari Jawa Barat ini dengan sebutan oncom.

combro singkong
Foto: instagram/the.lucky.belly

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

kue bandros bandung

Pemburu Kuliner Sudah Pasti Harus Coba Nikmati Kuliner Khas Bandung

bandrek susu

Tradisional Banget, Minuman-Minuman Ini Khas Indonesia