Lantai dapur penuh percikan minyak bekas masak, ini cara membersihkannya

cara membersihkan minyak pada lantai dapur
Foto: idealhome.co.uk

Fungsi utama dapur memang untuk kegiatan masak-memasak, maka sudah pasti banyak sekali cipratan minyak yang mengotori bagian dinding, meja hingga lantai dapur. Cipratan di lantai ini dapat membuat lantai jadi licin. Namun sayangnya, mengepel lantai saja kadang tidak cukup. Kadang noda bekas minyak masih cukup membandel dan membuat lantai jadi lengket. Jika dibiarkan, lama-lama bisa mengundang serangga.

Nah supaya lantai dapur tak licin dan kotor, ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar lantai dapur selalu bersih.

Serap minyak yang berceceran lebih dulu

Agar cipratan minyak tidak menyebar dan membuat area lantai jadi lebih kotor, sebaiknya cipratan minyak yang berceceran tersebut dibersihkan lebih dulu. Tisu atau kertas koran termasuk material yang dapat digunakan untuk menyerap minyak. Untuk memastikan lantai bersih secara menyeluruh, kamu bisa melakukan tahap ini pada seluruh area lantai termasuk pada pojok-pojok ruangan.

Jika perlu, gunakan terigu atau garam

Jika ternyata cipratan atau tumpahan minyak di lantai terasa belum sepenuhnya hilang, manfaatkan terigu atau garam yang ada di dapur untuk membantu membersihkan bekas minyak tersebut. Taburkan garam atau terigu pada area berminyak kemudian diamkan selama beberapa saat, sebelum dibersihkan kembali menggunakan kertas koran atau tisu. Lantai yang terkena tumpahan minyak pun jadi lebih bersih.

Sabun cuci piring juga bisa untuk membersihkan lantai

Campurkan sabun cuci piring dengan air hangat. Kemudian usapkan cairan ini pada lantai dengan menggunakan spons atau kain bersih. Agar tidak licin, bilas dengan kain basah yang telah dibasahi dengan air hangat. Pastikan kamu sudah mengusapnya dengan bersih sehingga tidak ada bekas sabun atau minyak yang tertinggal.

tips membersihkan minyak pada lantai dapur
Foto: tileflair.co.uk

Baca juga: Agar Aman Untuk Anak, Ini Cara Menata Dapur Ramah Anak

Langkah terakhir, pel lantai seperti biasa

Untuk memastikan lantai dapur benar-benar bersih seluruhnya, pel lantai dapur seperti biasa dengan menggunakan air yang telah dicampur dengan obat pel. Pel hingga seluruh lantai bersih kemudian biarkan hingga kering.

Jika ingin mengulangi proses mengepel, setelah lantai kering sapu kembali lantai sebelum dipel ulang dengan cairan baru. Sehingga lantai dapur pun jadi lebih bersih dan wangi.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

manfaat keju

Kerap dijadikan topping makanan, keju juga punya banyak manfaat untuk tubuh lho!

lontong kuliner khas medan

Mumpung ke Medan, ini kuliner yang wajib dicoba selama di sana