Lakukan ini agar rasa dan aroma rempah pada masakan semakin keluar

agar rasa dan aroma rempah lebih keluar
Foto: Shutterstock

Salah satu keistimewaan masakan Indonesia adalah bumbu rempah-rempahnya yang kuat. Namun jika ingin membuat rasa dan aroma rempah-rempah tersebut semakin keluar dan terasa kuat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Sehingga makanan pun jadi lebih lezat dan menggoyang lidah.

Mencincang

Ada beberapa masakan yang jadi lebih sedap saat bawang putih yang digunakan sebagai salah satu bumbunya sedikit terasa lebih kuat. Misalnya tumis. Karena itu biasanya bawang putih yang digunakan dalam campuran bumbunya diolah dengan cara dicincang.

Mengiris

Daun bawang dan seledri termasuk bahan yang sebaiknya diiris saat akan dicampurkan ke dalam masakan. Sama seperti bawang putih yang dicincang, daun bawang dan seledri yang diiris akan lebih keluar rasa dan aromanya sehingga membuat makanan jadi lebih sedap, berbeda dengan daun bawang dan seledri yang hanya diikat simpul dan dimasukkan ke dalam masakan.

Tumbuk atau memarkan

Sebelum dicampurkan dalam masakan, kita terbiasa menggeprek atau mememarkan serai terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk membuat aroma dan rasa rempah tersebut semakin keluar. Cara ini juga bisa diterapkan pada jahe dan lengkuas yang akan digunakan untuk campuran bumbu.

Baca juga: Coba Yuk Biasakan Minum Air Hangat Dan Rasakan Manfaatnya Untuk Tubuh

Sangrai

Ada beberapa rempah yang aroma dan rasanya tak keluar maksimal jika digunakan dalam keadaan mentah. Seperti kemiri dan ketumbar. Karenanya kedua bahan ini sebaiknya disangrai terlebih dahulu sebelum digunakan untuk tambahan bumbu masakan.

Sobek 

Menambahkan daun jeruk atau daun salam pada masakan, membuat makanan tersebut jadi punya aroma yang lebih segar. Namun fungsi tersebut kurang maksimal jika daun jeruk dan daun salam tidak disobek terlebih dahulu. Karena itu jika ingin lebih mengeluarkan aroma keduanya, jangan lupa untuk menyobeknya.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara mudah membersihkan sisik ikan

Cara Mudah Membersihkan Sisik Ikan, Agar Proses Masak Lebih Cepat

Yuk Bikin Es Gabus Pelangi, Jajanan SD yang Manisnya Bikin Nostalgia