Kurangi penggunaan MSG, coba ganti dengan bahan-bahan alami ini

bahan alami pengganti msg
Foto: freepik

Meski penggunaan MSG dalam masakan diperbolehkan, namun banyak yang meyakini bahwa Monosodium Glutamat (MSG) kurang bagus untuk tubuh. Karena itu jumlah penggunaannya pun harus dibatasi. Padahal penggunaan MSG dalam masakan diyakini dapat membuat makanan jadi terasa lebih sedap dan lezat.

Tapi penggunaan MSG ini bisa disiasati dengan menggantinya menggunakan bahan-bahan lain. Misalnya seperti penggunaan gula dan garam. Nah selain kedua bahan tersebut, kira-kira bahan apa lagi yang bisa digunakan untuk menggantikan MSG?

Jamur

Sejak lama, jamur menjadi salah satu bahan yang dapat digunakan untuk menggantikan MSG dalam masakan. Terutama oleh para vegan. Selain penambah rasa dan penyedap alami dalam rasa dan aroma, jamur juga mengandung kalsium, gizi, protein serta berbagai vitamin yang baik untuk tubuh.

jamur bahan alami pengganti msg
Foto: freepik/tasipas

Terasi

Orang Indonesia banyak yang menggunakan terasi untuk membuat masakannya menjadi lebih lezat, gurih dan sedap. Terasi juga merupakan bahan andalan dalam pembuatan sambal. Biasanya dibuat dari ikan atau udang yang difermentasi, terasi diyakini dapat memberi rasa sedap yang alami dengan cita rasa yang sangat khas.

Tomat

Mencampurkan tomat dalam masakan dipercaya dapat memberi rasa asam pada makanan. Tapi selain itu, tomat juga kaya akan kandungan glutamate yang dapat memberi rasa gurih pada masakan.

tomato
Foto: freepik/azerbaijan-stockers

Baca juga: Memaksimalkan bawang putih pada masakan agar makanan jadi lebih sedap

Kaldu

Kaldu instan banyak dipilih sebagai bahan yang dapat memberi rasa umami pada masakan. Nah kamu bisa membuat sendiri kaldu tersebut untuk menambah citarasa pada masakan dengan cara merebus tulang ayam atau sapi menggunakan api kecil selama kurang lebih 3 jam. Kaldu tersebut juga dapat disimpan di dalam freezer dalam beberapa lama.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

lasagna tuna

Resep aneka cemilan dengan bahan tuna, cocok untuk mood booster awal tahun

cara membuat dan resep dori sambal matah

Dori sambal matah, kuliner Nusantara khas Bali yang bikin berkeringat