Kuliner Khas Papua, Memanjakan Lidah Dengan Citarasa Tradisional

sagu lempeng khas papua
Foto: instagram/ira.kusumawardhani

Papua terkenal dengan ketradisional dan keeksotisannya. Bukan hanya alamnya tapi juga aneka makanan khasnya. Sayangnya banyak yang belum mengenal atau mencicipi aneka kuliner khas Papua ini. Padahal hidangan-hidangan ini punya citarasa tradisional yang sangat khas dan sangat memanjakan lidah.

Tertarik mencari tahu lebih jauh?

Udang Selingkuh

Namanya memang udang selingkuh. Ini karena si udang yang memiliki bentuk besar dan capit seperti kepiting ini dianggap sebagai hasil perselingkuhan antara kepiting dan udang.

Populer di daerah Wamena, Papua Barat, udang selingkuh bisa dimasak dengan cara digoreng, direbus atau bahkan dibakar. Hampir jarang ditemukan di daerah lain, jadi pastikan saat berkunjung ke Papua kamu tak melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner khas Papua yang satu ini ya.

udang selingkuh kuliner khas papua
Foto: phinemo.com

Kue Lontar

Cheesetart mungkin termasuk salah satu jajanan yang baru populer belakangan ini. Tapi di Papua, jajanan yang hampir serupa dan berbentuk mirip pie susu besar ini sudah ada sejak dulu. Kue ini dikenal dengan sebutan kue lontar.

Rasanya yang khas dan lezat, tak heran kalau kue ini juga sering dijadikan oleh-oleh.

kue lontar kuliner khas papua
Foto: instagram/cremeuxtart

Sagu Lempeng

Sagu lempeng termasuk salah satu kue yang sangat populer di Papua. Teksturnya sangat keras, namun rasanya sangat lezat. Biasanya kue ini dinikmati bersama secangkir teh atau kopi oleh warga Papua. Kamu pun bisa mendapatkan kue ini untuk dijadikan oleh-oleh dengan sangat mudah di segala penjuru kota.

sagu lempeng khas papua
Foto: instagram/ira.kusumawardhani

Baca Juga: Bukan Hanya Gudeg, Ini Lho Ragam Kuliner Khas Yogyakarta Yang Lezat

Sambal Colo-Colo

Indonesia punya berbagai macam sambal khas. Salah satunya sambal colo-colo. Sambal yang sangat populer di Papua ini uniknya justru bukan berasal dari Papua, melainkan dari Ambon dan Manado. Meski begitu, jangan heran kalau banyak yang mencari sambal ini di Papua dan menganggapnya sebagai sambal khas Papua. Dengan campuran jeruk nipis, kecap, bawang merah dan irisan cabe yang begitu melimpah, sambal ini punya citarasa yang sangat khas.

sambal colo-colo khas papua
Foto: Cookpad/DapurPincess

Sarang Semut

Sesuai namanya, makanan khas Papua yang satu ini memiliki bentuk mirip dengan sarang semut yang biasa ditemukan di sela-sela bebatuan. Makanan yang satu ini selain sangat khas, juga merupakan tanaman yang banyak diburu oleh wisatawan karena memiliki kandungan yang sangat menyehatkan.

sarang semut makanan khas papua
Foto: bukalapak.com

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

ayam tangkap khas aceh

Ayam Tangkap Khas Aceh, Sang Primadona Yang Istimewa Dan Gurih

ikan saus lemon

Ikan Saus Lemon, Segar Gurihnya Menggetarkan Jiwa