Kaya kuliner berbahan ikan, ini deretan kuliner khas Natuna yang harus dicicipi

kernas kuliner khas natuna
Foto: instagram/cemilan_khas_melayu

Natuna termasuk salah satu daerah kepulauan di Indonesia yang punya berbagai macam hidangan kuliner. Sebagian di antaranya dibuat dengan bahan dasar ikan. Lezat dan begitu khas, deretan kuliner khas Natuna ini tak boleh dilewatkan selagi berkunjung ke sana.

Tabel Mando

Hidangan yang satu ini kerap disebut sebagai pizza ala Natuna. Dengan bentuk bulat pipih, tabel mando merupakan hidangan yang dibuat dari perpaduan sagu bulir dengan aneka seafood. Dipadukan dengan bumbu rempah yang beragam dan parutan kelapa, tabel mando menampilkan citarasa kekayaan kuliner Indonesia yang sangat khas. Tak ketinggalan, tabel mando biasa dinikmati dengan sambal spesial khas Natuna.

tabel mando khas natuna
Foto: ayokenatuna.com

Kernas

Jika tabel mando disebut-sebut sebagai pizza ala Natuna, kernas merupakan kuliner Natuna yang disebut-sebut mirip nugget. Bahan utama yang digunakan dalam pembuatan kernas adalah ikan tongkol atau ikan tuna yang masih segar dan dicampur dengan sagu butir. Adonan ini kemudian digoreng hingga warnanya berubah kecoklatan. Dengan rasa gurih yang khas, biasanya kernas dinikmati dengan cocolan sambal selagi masih hangat.

kernas kuliner khas natuna
Foto: instagram/cemilan_khas_melayu

Calok

Yang tak ketinggalan dari deretan kuliner khas Indonesia adalah sambal. Kecintaan masyarakat Indonesia pada pedas dan kekayaan rempah, membuat Indonesia punya banyak jenis sambal. Termasuk Natuna yang juga punya sambal khas, calok. Dibuat dengan bahan utama udang kecil, calok didominasi rasa gurih udang. Biasanya sambal ini dinikmati bersama ikan asap dan lalapan.

calok sambal khas kepulauan natuna
Foto: Pinterest/Rini Hasrita

Baca juga: Yang bikin Lontong Roomo, makanan unik khas Gresik terasa istimewa di lidah

Lempar

Lemper termasuk salah satu jajanan kuliner Indonesia yang terbuat dari beras ketan dan dibungkus daun pisang. Namun jika di Jawa atau tempat-tempat lain lemper biasanya dibuat dengan isian daging ayam atau abon, Natuna memiliki lempar yang dibuat dengan isian olahan ikan laut. Biasanya beras ketan yang digunakan juga dicampur dengan parutan singkong sehingga citarasa yang dihasilkan lebih khas. Serunya lagi, lempar biasanya dimasak dengan cara dibakar.

lemper ikan makanan khas natuna
Foto: Ilustrasi | pesona.travel

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

fungsi ketumbar dalam masakan dan manfaatnya untuk kesehatan

Fungsi ketumbar dalam masakan serta manfaatnya untuk kesehatan

pepes ikan

Pepes ikan kembung khas Pontianak, paling pas dinikmati dengan nasi hangat