Liburan Ke Kota Hujan, Jangan Lupa Cicipi Kuliner Khas Bogor Ini

kuliner khas bogor
Foto: Instagram/jogjabikinlaper

Kurang lengkap rasanya kalau liburan ke luar kota tapi tak mencicipi makanan khasnya. Pasalnya tiap daerah punya kuliner khasnya masing-masing yang sayang untuk dilewatkan. Seperti halnya kuliner khas Bogor.

Kota yang memiliki sebutan Kota Hujan ini memang punya beragam kuliner khas yang unik dan sulit dilupakan. Maka jangan heran kalau tempat-tempat kulinernya juga banyak dipadati wisatawan. Supaya kamu lebih mudah mengumpulkan referensi apa saja kuliner khas Bogor yang patut dicoba, simak yuk beberapa list ini.

Soto Mie, Kuliner Khas Bogor Yang Wajib Dicicipi

Soto mie termasuk salah satu kuliner Bogor yang paling populer. Saking populernya, tak jarang wisatawan sengaja berkunjung ke Bogor untuk menikmati soto mie yang lezat ini. Yang membuat semangkuk makanan ini spesial adalah adanya potongan risol di antara campuran bihun, mie, kentang, wortel serta kikil. Potongan tomat memberi citarasa segar pada kuahnya. Kalau kamu penggemar pedas, tambah sambal pasti semakin terasa lezat.

kuliner khas bogor soto mie
Foto: Instagram/superjev

Doclang, Makanan Khas Yang Cuma Bisa Kamu Temukan Di Bogor

Kalau kamu penggemar ketupat tahu, kemungkinan kamu juga akan suka dengan menu yang satu ini. Doclang. Mirip dengan ketupat tahu, doclang terdiri dari campuran irisan tahu goreng, kentang goreng, telur rebus serta pesor atau lontong yang dibungkus dengan daun patat yang tumbuh di lereng Gunung Salak. Campuran ini kemudian dihidangkan dengan bumbu kacang, kecap dan kerupuk.

doclang bogor
Foto: wikipedia

Asinan Bogor Yang Siap Bikin Kamu Tak Berhenti Ngunyah

Kota Hujan ini terkenal dengan asinannya yang menggunakan kuah dari sari cabai merah. Berdasarkan bahannya, kamu bisa mendapatkan asinan sayur, asinan buah serta asinan perpaduan sayur dan buah di kota ini. Dengan rasa asam, manis dan pedas, kamu pasti ketagihan ingin terus menikmatinya.

asinan bogor
Foto: indonesiakaya.com

Bir Kocok Yang Menyehatkan Dan Tak Memabukkan

Bir yang tak memabukkan tapi justru menyehatkan? Ada dong! Bir kocok namanya.

Mirip dengan bir pletok yang terbuat dari campuran rempah-rempah, bir kocok juga terbuat dari berbagai campuran rempah-rempah tanpa kandungan alkohol sama sekali. Bir ini menggunakan bahan jahe, cengkeh, kayu manis serta gula merah. Diminum dengan es batu, bir kocok semakin terasa menyegarkan tenggorokan.

bir kocok bogor
Foto: beergembira.com

Baca juga: Berlibur ke Maluku, jangan lupa mencicipi deretan kuliner khas Maluku ini

Kue Unyil, Oleh-Oleh Wajib Nih

Pulang dari Bogor kamu mungkin ingin membawa oleh-oleh yang khas. Unik dan sangat identik dengan Bogor, kamu bisa membawa kue unyil sebagai oleh-oleh. Kue ini sebenarnya hampir sama dengan kue pada umumnya yang menggunakan coklat kacang, keju, selai serta sosis sebagai isian. Namun yang membuatnya spesial adalah ukurannya yang mungil sehingga disebut kue unyil.

kue unyil kuliner khas bogor
Foto: bogor.net

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

air putih

Minuman yang baik dikonsumsi saat pagi hari sebelum beraktivitas

cara memilih makanan kemasan

Yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Makanan Kemasan