Kuliner Khas Banyuwangi, Lezat Dalam Kesederhanaannya

rujak soto
Foto: instagram/hobimakan.banyuwangi

Selalu ada kuliner yang berbeda dari masing-masing daerah. Termasuk Banyuwangi salah satunya. Selain digemari oleh masyarakat Banyuwangi, kuliner khas Banyuwangi yang cukup beragam ini juga dinikmati oleh para wisatawan.

Rujak Soto

Kamu mungkin sudah sering menikmati rujak sayur ataupun soto daging secara terpisah. Tapi bagaimana kalau kedua menu tersebut dicampur jadi satu dalam satu piring? Sudah pernah membayangkannya? Banyuwangi punya rujak soto sebagai salah satu makanan khasnya lho.

Cukup populer, rujak soto pun punya citarasa yang begitu memikat. Meski mungkin awal mencobanya akan merasa ragu, tapi setelah itu kamu akan dibuat terkesima dengan perpaduan rasanya yang unik.

rujak soto banyuwangi
Foto: instagram/ichasavitry

Botok Tawon

Selain dapat dinikmati madunya, tawon atau lebah juga dapat dinikmati sarangnya. Di Banyuwangi, sarang tawon diolah menjadi botok. Menu yang satu ini memiliki citarasa yang gurih dan punya banyak peminat. Sayangnya karena kesulitan mendapatkan bahan baku, botok tawon sedikit sulit didapatkan. Kalau penasaran ingin mencicipinya, kamu bisa coba mendapatkannya di pasar-pasar tradisional Banyuwangi.

botok tawon
Foto: clozette/AureliaJessicaRity

Sego Tempong

Sego tempong merupakan sajian nasi putih dengan lauk pauk, sayur sebagai lalapan serta sambal. Sambalnya menggunakan sambal tomat yang sangat pedas. Saking pedasnya sambal tersebut sampai terasa seperti menampar-nampar mulut. Karenanya kemudian dinamakan sego tempong. Yang mana tempong berarti tampar.

sego tempong kuliner khas banyuwangi
Foto: instagram/hobimakan.banyuwangi

Baca Juga: Pemburu Kuliner Sudah Pasti Harus Coba Nikmati Kuliner Khas Bandung

Ayam Pedas

Kalau kamu mengaku sebagai penggemar kuliner pedas, maka saat ke Banyuwangi kamu tak boleh melewatkan menu yang satu ini. Ayam pedas. Diracik dengan bumbu yang pedas dengan campuran santan, ayam pedas jadi salah satu menu andalan masyarakat Banyuwangi yang harus kamu coba.

ayam pedas makanan khas banyuwangi
Foto: instagram/travelmatetour

Pecel Rawon

Selain rujak soto, Banyuwangi juga punya menu pecel rawon yang merupakan pencampuran dua menu makanan dalam satu piring. Dengan nasi putih dan sayur-sayuran yang disiram saus kacang serta kuah rawon, pecel rawon biasa disajikan dengan lauk ayam goreng atau empal daging. Tak lupa peyek kacang ditambahkan sebagai pelengkap untuk menambah kelezatan.

pecel rawon kuliner khas banyuwangi
Foto: instagram/ticnohuang

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bandrek susu

Tradisional Banget, Minuman-Minuman Ini Khas Indonesia

manfaat cumi-cumi

Dibalik Kelezatannya, Ini Manfaat Cumi-Cumi Untuk Tubuhmu