Kuliner khas Balikpapan, kepiting terbaik di Indonesia ada di sini

pisang gapit khas balikpapan
Foto: Instagram/dapurbalikpapan

Balikpapan termasuk salah satu kota besar di Indonesia yang punya banyak deretan kuliner. Salah satunya yang terkenal sebagai andalan kuliner khas Balikpapan adalah kepitingnya. Namun selain itu ada apa lagi ya?

Bubur Gunting

Nama yang cukup unik ini karena proses pembuatannya dengan menggunting-gunting adonan sebelum dimasak bersama rebusan kuah santan dan gula merah. Bahan utamanya menggunakan tepung ketan yang dicampur dengan air daun suji, garam serta air kapur sirih. Namun karena disajikan dengan santan dan gula merah, bubur gunting punya citarasa yang manis dan gurih.

bubur gunting kuliner khas balikpapan
Foto: instagram/antung_asyiah015

Pisang Gapit

Kuliner Balikpapan bukan hanya makanan berat, tapi juga ada cemilan. Salah satunya yang populer adalah pisang gapit. Dengan bahan dasar pisang gepok yang dibakar dengan arang, pisang gapit biasa disajikan bersama gula merah, santan serta irisan buah nangka. Disebut pisang gapit karena pisang tersebut digapit atau dijepit menggunakan kayu saat proses masaknya.

pisang gapit khas balikpapan
Foto: Instagram/dapurbalikpapan

Roti Mantau

Balikpapan juga punya kuliner berbahan roti, yaitu roti mantai. Disajikan dengan cara digoreng, roti mantai biasanya memiliki isian cokelat atau bahan lainnya yang manis. Namun roti mantau juga kerap dinikmati dengan cocolan saus balado atau saus lada hitam.

mantau makanan khas balikpapan
Foto: instagram/agakenyang

Baca Juga: Deretan kuliner khas Makassar yang sayang dilewatkan, enak semua

Kepiting

Balikpapan merupakan salah satu kota penghasil kepiting terbaik di Indonesia. Karenanya tak heran kalau banyak kuliner khas Balikpapan yang menggunakan kepiting sebagai bahan utamanya. Bisa disajikan dengan menu lada hitam atau aneka menu masakan lainnya, di Balikpapan kepiting juga diolah menjadi abon yang punya banyak peminat.

kepiting balikpapan
Foto: instagram/gaisandrew

Amplang Kuku Macan

Amplang termasuk salah satu kudapan khas Balikpapan yang mudah ditemukan. Dibuat dari campuran bahan tepung, telur, rempah-rempah serta daging ikan, amplang punya bentuk yang cukup beragam, mulai dari yang bulat memanjang hingga menyerupai kuku macan.

Dengan citarasa gurih dan tekstur yang renyah bak kerupuk, tak hanya bisa dijadikan cemilan amplang juga bisa dijadikan pendamping saat menyantap makanan utama.

amplang kuku macan kuliner khas balikpapan
Foto: instagram/purwaningsih_erna

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

mie koba khas bangka belitung

Dengan kuah ikan, ini Mie Koba khas Bangka Belitung yang wajib dicoba

potato cheese ball

Dari kentang, ini ide cemilan yang pasti disukai anak-anak