Jujukan pelancong dari berbagai negara, kuliner khas Bali ini tak boleh dilewatkan

ayam betutu khas bali
Foto: gourmettraveller.com.au

Bali termasuk salah satu propinsi yang tak pernah sepi dikunjungi pelancong, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Bukan hanya wisata pantainya yang terkenal elok, Bali juga punya segudang daya tarik lainnya yang membuat wisatawan betah tinggal berlama-lama. Termasuk wisata kulinernya yang beragam dan lezat.

Karena itu saat berkunjung ke Bali, setidaknya beberapa hidangan ini tak boleh dilewatkan. Siap-siap deh jatuh cinta dan ketagihan dengan kuliner khas Bali.

Nasi campur

Salah satu makanan khas Bali yang cukup populer adalah nasi campur. Nasi putih yang dihidangkan bersama sayur urap, sate lilit, suwiran ayam, sambal matah serta berbagai lauk lainnya.

nasi campur kuliner khas bali
Foto: pegipegi.com

Sate lilit

Bali punya hidangan khas berupa sate yang berbeda dengan sate-sate pada umumnya. Kalau sate pada umumnya daging dipotong-potong kemudian ditusuk dengan tusukan sate, sate khas Bali menggunakan batang daun serai sebagai tusukan sate yang kemudian dililiti dengan daging yang sudah dihaluskan. Karenanya kuliner khas Bali yang satu ini disebut sate lilit.

sate lilit ayam khas bali
Foto: Istimewa

Nasi jinggo

Kuliner yang satu ini kerap diburu karena harganya yang relatif murah meriah, namun punya rasa yang begitu lezat. Porsi nasinya memang hanya satu kepal, tapi nasi jinggo yang dibungkus daun pisang ini biasanya dilengkapi dengan suwiran ayam, tempe goreng, mie goreng serta sambal yang begitu pedas dan lezat.

nasi jinggo khas bali
Foto: Istimewa

Baca juga: Kuliner Khas Bekasi, Kelezatannya Siap Menggoyang Lidah

Ayam betutu

Hidangan yang satu ini sudah cukup populer dan punya banyak penggemar. Dimasak dalam keadaan utuh, bagian perut ayam diisi dengan berbagai macam bumbu rempah yang sudah diracik khusus. Memasaknya pun dibungkus dengan daun pisang atau daun pinang sebelum kemudian dipanggang dengan api sekam. Dengan rasa yang begitu khas dan lezat, siap-siap saja dibikin ketagihan menikmati kelezatan hidangan ini.

ayam betutu khas bali
Foto: gourmettraveller.com.au

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

beda matcha dan green tea

Kerap dianggap sama, sudah tau bedanya green tea dan matcha? Jangan bingung lagi ya

alpukat turunkan kolesterol dalam tubuh

Bantu turunkan kolesterol dengan makanan lezat, bisa kok