Agar anak doyan makan ikan, siasati dengan berbagai kreasi menu ini

tips agar anak suka ikan
Foto: Ilustrasi | freepik/yurawhite

Selain sayur, ikan juga termasuk salah satu menu yang biasanya kurang disukai oleh anak. Bukan hanya rasanya yang cenderung amis, duri ikan juga kerap dirasa mengganggu. Padahal ikan merupakan sumber protein yang dibutuhkan oleh anak. Berbagai kandungan baik lainnya pun dibutuhkan oleh anak untuk mendukung pertumbuhan dan daya kembangnya.

Tentunya sayang sekali bukan kalau anak tak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan melalui ikan? Karena itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak mau mengonsumsi ikan. Salah satunya dengan membuat kreasi beberapa menu yang lezat dan menggoda bagi anak.

Perkedel ikan

Perkedel biasanya dibuat dengan menggunakan bahan utama kentang dan daging sapi, hanya saja pada perkedel ikan penggunaan daging sapi tersebut diganti dengan ikan. Cara membuatnya pun sama seperti perkedel biasa. Dengan kreasi ini, anak jadi bisa makan ikan tanpa merasa bau amis dan pusing menyingkirkan duri ikan.

perkedel ikan kreasi menu agar anak mau makan ikan
Foto: Ilustrasi | freepik/timolina

Mie ikan

Anak-anak biasanya begitu menyukai menu-menu mie. Nah untuk menyiasatinya, menu ini bisa dimanfaatkan demi membuat anak mau memakan ikan. Misalnya dengan cara mencampur tumisan ikan yang telah dipotong-potong dengan mie atau menggunakannya sebagai topping.

trik kreasi menu ikan agar disukai anak
Foto: Ilustrasi | freepik/azerbaijan-stockers

Fish n chips

Menu ini termasuk salah satu kreasi menu ikan yang cukup mudah. Lumuri fillet ikan dengan tepung kemudian goreng hingga matang. Biasanya disajikan dengan kentang goreng sebagai pendamping, tapi dihidangkan bersama nasi putih pun tak kalah lezat.

tips membuat anak suka ikan
Foto: Ilustrasi | freepik/yurawhite

Stik ikan

Mirip dengan cara membuat fish n chips, stik ikan pun bisa jadi pilihan yang menggoda buat anak. Bedanya fillet ikan diiris-iris lebih kecil dan bentuknya memanjang sebelum dilumuri dengan tepung dan digoreng. Sekilas, bentuknya mungkin akan terlihat seperti nugget.

tips agar anak suka ikan
Foto: Ilustrasi | freepik/yurawhite

Baca juga: Trik menyiapkan jajanan di rumah, agar anak tak tergoda beli jajanan di luar

Burger ikan

Haluskan ikan kemudian campurkan dengan tepung, telur, garam, merica dan bawang putih halus. Kepalkan adonan kemudian bentuk bulat yang lebar dan sedikit tebal sehingga menyerupai patty burger. Setelah digoreng hingga matang, patty ikan bisa langsung dikreasikan menjadi burger dengan roti, sayuran dan beberapa bahan tambahan. Pasti menggiurkan.

kreasi menu ikan yang disukai anak
Foto: Ilustrasi | freepik/azerbaijan-stockers

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

resep dan cara membuat jiaozi hidangan khas imlek

Resep dan cara membuat Jiaozi, dumpling lezat yang tak boleh ketinggalan saat Imlek

kandungan yogurt

Tingkatkan daya tahan tubuh, konsumsi ini agar tak gampang terserang virus