Khasiat Kacang Hijau Untuk Kesehatan, Jangan Sepelekan

khasiat kacang hijau
Foto: tcmworld.org

Kacang hijau termasuk salah satu bahan makanan yang cukup populer di Indonesia. Umum diolah menjadi bubur kacang hijau dan kolak, kacang hijau juga biasa dijadikan campuran aneka jajanan tradisional. Tapi tahukah kamu apa khasiat kacang hijau untuk kesehatan?

Pasalnya banyak yang bilang kalau kacang hijau punya segudang manfaat untuk tubuh karena kandungannya yang melimpah. Tapi apa saja manfaat itu? Cari tahu yuk!

Khasiat Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil

Kacang hijau memiliki kandungan asam folat yang cukup tinggi. Seperti sudah banyak kamu ketahui, asam folat dianggap sangat baik untuk wanita hamil juga yang sedang dalam masa merencanakan kehamilan. Dengan asam folat yang cukup, tubuh dapat memberikan perlindungan pada bayi dan mengurangi resiko kehamilan seperti lahir prematur, keguguran, lahir dengan berat badan rendah serta lahir dengan kelainan saraf dan otak (neural tube defect).

Berguna Untuk Mengontrol Gula Darah

Kacang hijau memiliki kandungan serat dan nutrisi tinggi. Kandungan ini sendiri berguna untuk memperlambat penyerapan gula dalam aliran darah sehingga dapat mencegah terjadinya lonjakan gula darah dalam tubuh. Selain itu kacang hijau juga dapat membantu mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Karena itu kacang hijau menjadi salah satu makanan yang cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

manfaat kacang hijau
Foto: bazaron9.com

Kacang Hijau Juga Membantu Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Kandungan antiradang dan antioksidan yang ada di dalam kacang hijau, dianggap dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi resiko penyakit jantung. Kandungan serat dan pati yang ada di dalam kacang hijau juga baik untuk kesehatan saluran cerna lho.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Setiap cangkir kacang hijau memiliki kandungan protein sebesar 3,16 gram. Kandungan protein ini sangat berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Sehingga jumlah ini membuat kacang hijau dapat menjadi salah satu makanan alternatif pengganti daging.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

trik membuat sambal

Ternyata Ini Lho Trik Supaya Sambal Terasa Lebih Sedap Dan Maknyus

cara memasak ikan beku

Cara Memasak Ikan Beku Agar Kandungan Nutrisinya Terjaga