Kesalahan Yang Paling Sering Dilakukan Saat Sarapan, Nomer 3 Bahaya Banget Nih!

kesalahan saat sarapan
Foto: theworktop.com

Memang tak semua orang melakukan sarapan atau makan pagi setiap harinya. Padahal sarapan termasuk salah satu kebiasaan baik dan sehat untuk tubuh lho. Karena tubuh jadi mendapatkan tambahan energi untuk memulai aktivitas sehari-hari. Beberapa orang pun melakukan sarapan ‘seadanya’ dengan pemilihan menu sarapan yang kurang tepat untuk tubuh. Karena itu ada beberapa kesalahan yang perlu dihindari saat melakukan sarapan.

Apa saja sih kesalahan yang paling sering dilakukan saat sarapan?

Tidak Sarapan Karena Sedang Diet

Banyak orang yang menghindari sarapan karena beralasan sedang diet. Padahal tidak sarapan bisa membuat perut lebih lapar, kemudian akibatnya jadi ngemil atau makan siang lebih banyak dari seharusnya. Tidak sarapan juga dapat membuat tubuh lemas lho.

Tidak Makan Buah Dan Sayur

Tak sedikit yang merasa telah menyiapkan menu sarapan sehat. Misalnya dengan menyiapkan telur setengah matang dan roti gandum. Menu ini dianggap sudah cukup sempurna dan sehat untuk sarapan. Padahal sarapan sehat adalah sarapan yang tak melewatkan buah dan sayuran.

Hal ini karena buah memiliki kandungan gula alami yang mampu mengembalikan cairan tubuh setelah tidur. Sedangkan sayuran yang kaya akan serat dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Nah, kamu bisa tambahkan potongan sayur pada telur dadar untuk menu sarapan.

Lupa Mengonsumsi Protein

Mengonsumsi protein pada saat pagi hari sangat bagus untuk tubuh. Tapi sayangnya, tak jarang karena terburu-buru, sebagian orang malah mengonsumsi makanan serba karbohidrat untuk sarapan, misalnya hanya makan roti atau oatmeal.

Padahal protein merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein juga bermanfaat untuk membantu membangun energi dalam tubuh. Nah protein ini dapat ditemukan di daging, telur, susu, kacang-kacangan seperti kacang kedelai.

Makanan yang mengandung protein tinggi juga dapat membantu memudahkan program diet. Selain itu juga berfungsi menekan rasa lapar, jadi bagus untuk membantu program diet.

menu sarapan sehat
Foto: mystylevita.com

Baca Juga: Menu Vegan Untuk Kamu Yang Butuh Sarapan Cepat

Mengurangi Porsi Sarapan

Waktu yang sempit kerap jadi alasan mengapa orang tak sarapan. Ketika sarapan, sebagian memilih untuk makan dalam porsi sedikit lagi-algi juga karena keterbatasan waktu. Padahal ada pepatah ‘eat breakfast like a king, lunch like a prince and dinner like a pauper’.

Peneliti menemukan bahwa wanita obesitas yang makan lebih banyak kalori saat sarapan dan lebih sedikit kalori saat makan malam, berat badannya bisa turun. Mereka juga bisa menurunkan besar lingkar pinggang daripada mereka yang melewatkan sarapan, padahal asupan kalori mereka sama. Oleh karena itu, perkaya asupan protein, lemak sehat dan karbohidrat baik saat sarapan. Daripada hanya minum yoghurt, coba tambahkan kacang dan potongan buah

Makan Makanan Yang Terlalu Manis

Konsumsi roti, wafel, pancake atau sereal dengan tambahan isi atau topping cokelat serta muffin atau donat dengan tambahan gula yang cukup banyak, tentu menyebabkan gula darah tubuh jadi meningkat drastis.

Selain itu hal ini juga menyebabkan tubuh bisa jadi craving makanan manis sepanjang hari. Kondisi inilah yang menyebabkan tubuh berisiko mengalami kenaikan berat badan.

sarapan sehat
Foto: theworktop.com

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

cara membuat potato wedges yang enak

Bikin potato wedges sendiri di rumah, ini caranya biar krispi dan makin maknyus

kegunaan air kelapa dalam masakan

Manfaat air kelapa untuk memasak, kamu mungkin belum tahu