Kesalahan Saat Mengolah Ikan, Mana Yang Paling Sering Kamu Lakukan?

kesalahan yang sering dilakukan saat mengolah ikan
Foto: freepik.com

Ikan dikenal sebagai makanan sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Sayangnya berbagai nutrisi dan kandungan baik yang dimiliki ikan, dapat rusak jika ada kesalahan saat mengolah ikan.

Nah supaya kandungan dan semua manfaat ikan dapat diserap secara maksimal oleh tubuh, perlu dilakukan cara yang tepat demi menghindari kesalahan saat pengolahan. Karenanya perlu diketauhi apa saja kesalahan yang mungkin dilakukan saat mengolah ikan, sehingga perlu dihindari.

Disimpan Lebih Dari Seminggu Termasuk Kesalahan Saat Mengolah Ikan

Mungkin kamu sering membeli ikan segar namun tak langsung memasaknya di hari itu juga. Untuk simpanan, ikan itu kemudian disimpan di dalam freezer selama lebih dari seminggu baru dimasak. Padahal cara ini dapat membuat kualitas dan rasa ikan berubah memburuk. Karena itu agar rasa dan kualitas ikan tetap terjaga, sebaiknya ikan segera dimasak saat kondisinya masih segar.

mengolah ikan
Foto: cannellevanille.com

Mencuci Ikan Setelah Dipotong

Saat mengolah ikan, seringkali ikan baru dicuci setelah dipotong kecil-kecil terlebih dahulu. Namun cara ini sebenarnya dapat membuat kontaminasi bakteri. Karena itu untuk menyiasatinya, potongan ikan dapat dibaluri kunyit dan garam saat mencuci ikan menggunakan air keran. Kedua bahan ini dapat menjadi anti-bakteri, membantu menghilangkan kotoran sekaligus menurunkan kadar mikroba ikan.

potongan ikan
Foto: leaf.tv

Tidak Membuang Bagian Empedunya

Di dalam tubuh ikan terdapat empedu. Empedu tersebut terasa pahit jika sampai pecah. Dan rasa pahit tersebut bisa merusak cita rasa daging ikan yang lezat. Karenanya saat membersihkan ikan, empedu sebaiknya diambil dan dibuang.

cara mengolah ikan yang benar
Foto: rawpixel.com

Baca Juga: Kesalahan Yang Sering Kali Dilakukan Saat Memasak Ikan

Membalurkan Perasan Air Lemon Untuk Mengurangi Merkuri

Menambahkan perasan air lemon pada ikan setelah diolah dan dimasak, memang dapat membantu mengurangi bau amis pada ikan. Tapi tidak efektif untuk menurunkan kadar merkuri yang ada pada ikan ya.

kesalahan saat mengolah ikan
Foto: Pinterest

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

bakso pratama surabaya

Wah, Ini Nih Bakso Paling Enak Di Surabaya

rawon

Masih Punya Simpanan Daging? Bikin Rawon Aja Yuk! Gampak Kok