Kesalahan Yang Sering Kali Dilakukan Saat Memasak Ikan

tips memasak ikan
Foto: paleoleap.com

Ikan termasuk makanan yang mudah didapat dan mengandung banyak protein. Karenanya ikan menjadi makanan yang disarankan dan baik untuk sering dikonsumsi. Tapi akan sangat disayangkan kalau ikan yang banyak memiliki kandungan baik untuk tubuh, dimasak dengan cara memasak yang kurang tepat. Karena memang ada beberapa kesalahan saat memasak ikan yang sering kali terjadi.

Dari kesalahan saat memasak ikan itu pun mempengaruhi cita rasa ikan. Sehingga rasa ikan pun jadi kurang nikmat. Jadi ada baiknya untuk menghindari kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan tersebut.

Memasak Ikan Yang Masih Beku

Memasak ikan yang kondisinya masih beku merupakan kesalahan fatal yang masih sering dilakukan. Padahal memasak ikan yang masih beku justru membuat tingkat kematangannya tak rata. Pada bagian luar ikan akan mudah gosong, sedangkan pada bagian dalam akan kurang atau lama matangnya.

kesalahan saat memasak ikan
Foto: The List Show TV Via Youtube

Kesalahan Saat Memasak Ikan Yang Juga Sering Dilakukan Itu Membolak-balik Ikan Berulang Kali

Sering membolak-balik ikan saat menggorengnya, merupakan salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan saat memasak ikan. Tujuannya mungkin untuk mengecek tingkat kematangan ikan. Padahal hal itu justru akan membuat ikan menempel di penggorengan dan bentuk ikan menjadi berantakan. Jadi sebaiknya hindari melakukan hal itu ya, sobs.

Memasukkan Ikan Saat Penggorengan Belum Panas

Terlalu terburu-buru memasukkan ikan ke dalam penggorengan saat minyak belum sepenuhnya panas, dapat merusak kandungan protein dalam ikan lho. Selain itu saat matang, ikan pun menjadi lebih berminyak sehingga citarasa ikan pun menjadi rusak.

Posisi Awal Saat Ikan Dimasukkan Ke Dalam Penggorengan

Saat pertama memasukkan ikan ke dalam penggorengan ternyata juga ada triknya lho, sobs. Yaitu dengan cara meletakkan bagian yang dilapisi kulit di bagian bawah atau menempel di penggorengan terlebih dahulu. Karena bagian ikan yang memiliki kulit cenderung lebih sulit matang dibanding sisi ikan yang tak berkulit. Sehingga dengan begitu, tingkat kematangan ikan pun jadi merata. Kulit ikan yang tebal pun akan mempermudah saat membalik ikan dari resiko menempel di penggorengan.

cara memasak ikan
Foto: Amber Rose | The Wholefood Pantry | Kyle Books, 2017

Nah setelah tahu beberapa kesalahan saat memasak ikan yang sering terjadi, kamu pun bisa menghindarinya dan memasak ikan dengan kondisi yang tetap bagus.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

nugget tongkol

Variasi Masakan Ikan Tongkol, Mau Masak Yang Mana Hari Ini?

kue kacang

Kue Kacang Bikinan Sendiri, Siap Jadi Suguhan Hari Raya Di Rumah