Kesalahan ini yang bikin makanan beku jadi cepat rusak disimpan

cara mencairkan ikan beku
Foto: simplemost.com

Frozen food atau makanan beku memang kerap jadi opsi untuk stok di rumah karena dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama. Namun agar tak cepat rusak dan busuk, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar makanan dapat bertahan lama dan tak cepat rusak.

Beberapa kesalahan itu cukup sering dilakukan. Karenanya kamu perlu tahu apa saja kesalahan tersebut sehingga dapat menghindarinya.

Kemasan makanan terbuka

Perlakuan terhadap makanan beku yang sudah dibuka tentu berbeda dengan makanan beku yang kemasannya belum pernah dibuka. Daya tahannya pun berbeda. Agar tidak rusak dan terjadi freezer burn, ada baiknya pastikan makanan tersebut kembali disimpan dalam kemasan yang tertutup rapat. Atau kamu bisa menggantinya dengan menyimpannya di dalam wadah tertutup.

Disimpan dalam suhu yang kurang tepat

Agar tahan lama, makanan beku ternyata harus disimpan dalam suhu yang tepat. Suhu -18 derajat Celsius, dianggap sebagai kisaran suhu yang pas untuk menyimpan makanan beku dan menjaga kualitasnya tetap baik dalam jangka waktu cukup lama.

Wadah yang digunakan terlalu penuh

Saat memindahkan makanan ke wadah lain sebelum disimpan di dalam freezer, sebaiknya jangan mengisinya terlalu penuh. Karena saat wadah diisi terlalu penuh, wadah tersebut bisa menggelembung, tutupnya membuka atau bahkan pecah.

Baca juga: Tanda makanan beku sudah tak layak simpan, jangan sampai abai

Tidak menata makanan dengan baik

Saat freezer selalu diisi dengan bahan makanan baru, bahan makanan yang lama akan semakin terdorong ke belakang atau tertimbun dengan yang baru. Akibatnya, makanan yang sudah lebih dulu disimpan sering kali tidak digunakan lebih awal karena hanya mengambil bahan makanan yang mudah dijangkau. Lama-kelamaan bahan makanan pun akan rusak dan membuat makanan yang lain jadi terkontaminasi.

Selalu dapatkan info, tips dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.
Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

salad sayur dengan jagung

Gunakan jagung, kamu bisa bikin hidangan-hidangan lezat ini

Buat menu sarapan, ini ragam menu omelet biar bisa gonta-ganti