Lebih kaya gizi dibanding ikan salmon, ini kandungan dan manfaat ikan kembung

manfaat ikan kembung
Foto: Istimewa

Sudah jadi rahasia umum kalau ikan kembung kerap dijual dengan harga murah. Tapi tau tidak kalau ikan kembung justru punya gizi lebih banyak dibanding ikan salmon? Karena itu ikan kembung juga sebenarnya punya banyak manfaat yang baik untuk tubuh.

Baik untuk kesehatan jantung

Ikan kembung memiliki kandungan omega-3, omega-9 dan omega-6. Kandungan ini dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung serta stroke.

Membantu mengendalikan kadar gula darah

Kandungan asam lemak omega-3 serta omega-6 yang ada di dalam tubuh ikan kembung juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Karena itu, ikan kembung baik dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah di dalam tubuh tetap terkendali.

Kandungannya dapat membantu memperpanjang usia

Seperti ikan salmon, ikan kembung juga memiliki kandungan omega-3. Kandungan ini punya banyak manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya adalah membantu memperpanjang usia. Bahkan kandungan omega-3 yang ada pada ikan kembung dipercaya jumlahnya lebih banyak dibanding pada ikan salmon.

Risiko terserang kanker payudara juga berkurang

Minyak esensial termasuk salah satu kandungan yang ada di dalam ikan kembung. Di mana di dalam minyak esensial juga terdapat sifat antioksidan yang berguna untuk menghalau radikal bebas yang dapat merusak sel tubuh. Karena itu kandungan ini pun bermanfaat dalam membantu mengurangi risiko terkena kanker payudara.

kandungan ikan kembung
Foto: catatannina.com

Baca Juga: Manfaat ikan baronang, harganya murah namun punya segudang khasiat

Juga baik untuk tumbuh kembang bayi

Ikan kembung termasuk salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu yang baru melahirkan. Kandungan nutrisi dan vitamin yang tinggi pada ikan kembung, dapat menjadi asupan yang bagus untuk tumbuh kembang bayi yang baru lahir.

Mengurangi risiko penyakit otak

Bukan hanya kandungan asam lemak, ikan kembung juga diperkaya akan kandungan DHA yang khasiatnya dapat membantu mengurangi risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan Parkinson. Kandungan ini juga baik jika diserap oleh ibu hamil, sehingga dapat membantu pertumbuhan perkembangan otak anak.

Selalu dapatkan info, tips, dan berbagai resep masakan di Kitchen Of Indonesia.

Follow us on:
Instagram: KitchenOfIndonesia
Facebook: Kitchen Of Indonesia
Youtube: Kitchen Of Indonesia

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

resep ikan bakar cianjur

Lezatnya tak diragukan, ini resep masak ikan bakar ala restoran ternama

Diet Ketat! Rahasia Joaquin Phoenix Turun Bobot 23kg Demi Memerankan Joker